Hey, it's me again!
So, it's almost two years I use Xiaomi device as my daily driver.
Pertama kali Xiaomi Redmi Note 2 rilis, gue langsung jatuh cinta gara-gara gaming-processor Helio X10 yang diusungnya waktu itu, karena notabene belum ada smartphone lain yang berani pake di jamannya. Seketika itu juga, langsung buka Youtube, download belasan reviewnya, dan semedi untuk memantapkan hati.
Dari segi model oke, harga oke, RAM oke, spek oke, dan kameranya pun lumayan. Detik itu juga, gue semakin yakin ini adalah smartphone yang tepat untuk mobilitas gue sehari-hari.
Hari-hari pun berlalu, gak berasa udah dua tahun gue bareng terus sama hape ini. Sampe tiba masanya, sekitar tiga hari lalu, barang ini kok rasanya mulai bikin gue jengkel.
Ceritanya gue lagi in-door livetweet, di tempat yang sebenernya cukup-cukup aja cahayanya meski sumbernya dari lampu. Tempatnya hall gede gitu, objek yang jadi tantangan di situ hanyalah hamparan pengunjung, dan LCD screen super gede.
Gue pun mulai jeprat-jepret di berbagai angle, lalu gue cek di gallery, kok fotonya semakin memprihatinkan kalo dipake di area in-door. Hasilnya relatif blurry, detail yang boro-boro, dan berkesan ngelawan cahaya. Gue berkesimpulan, bahwa kilatan cahaya dari LCD screen ini juga memperburuk performa sensor kamera yang sepertinya emang mulai menurun.
News flash sedikit, keadaan Redmi Note 2 gue ini rasanya emang lagi turun2nya. Gak cuma soal hasil kamera, yakni ada beberapa masalah lain sepertinya punya reaksi berantai satu sama lain:
1. Performa gaming mulai banyak frame-drop/frame-skip, khususnya saat main game yang tadinya fine-fine aja seperti Vainglory, Mobile Legend, Civ Revolution, Get Rich dan Yugi Oh Duel Links.
2. Udah sebulanan, internal storagenya selalu merongrong minta dikosongin alias terus-terusan ngasih notif bahwa space mulai habis. Pas dicek di PC, emang bener hanya tinggal 180 MB. Tapi begitu di-clean-up, entah kenapa masalah yang sama kembali berulang.
3. Multi-tasking mulai laggy. Buka Google Chrome selalu diselingi force-close sekitar dua sampe tiga kali, setelahnya relatif lancar.
Gizbot.com |
Setelah meratapi hasil foto yang kualitasnya makin kayak cumi asin ini, gue keluarin lah si Note 4 sambil berbisik pelan ke
Aku mengandalkanmu ...
Mari kembali ke livetweet.
Gue keluarin lah si Redmi Note 4, gue klik kamera, dan .................. MATOT! Like seriously???????? Dia mati begitu aja dong, booting di suasana bikin idung megap-megap karena takut momen lewat. Gue coba ngurut dada, eeeh dia marah. #TernyataDadaSatpam
Gue tungguin aja 3 menit, dan diaaa ............... MATI LAGI! Ini brengsek banget sih, entah berapa kali gue ngomong ANJAY kayak orang lagi yasinan. Pas gue cek selang semenit, hape ini gak kunjung masuk ke home-screen. Gue pasrah.
Sesampai di rumah, gue konsultasi (gak deng, marah-marah tepatnya) baik-baik sama istri soal pengalaman hari ini. Ternyata, tabiat terkutuk itu emang kerap muncul jika smartphone tersebut gak dimasukin sim-card.Ternyata dia Bootloop ...
Batin gue, gilak fatal amat. Dari seantero masalah smartphone yang ada, boot-loop (kondisi di mana smartphone stuck di layar booting lalu restart lagi) gara-gara gak ada sim-card itu mungkin masuk ke list yang berapa riburiburiburibu ke bawah gitu. Jarang banget!
Tetiba gue jadi flashback. Sebelum megang dua smartphone ini, kita berdua sempet pake Mi4i buat daily-driver. Kita sempet suka banget, hapenya kecil, sleek, bersih, berkesan premium, dan kameranya bagus banget. Paling nggak, kepadatan pixelnya bener-bener mencukupi kebutuhan kita dalam hal jepret-jepret cantik.
Hampir setahun kita pake, kita sempet ngeh kalo hasil fotonya belakangan ini kok gak lagi sama seperti saat pertama kali beli. Kita sampe nyempetin bandingin foto lama dan foto baru ini, dan bener. Kualitasnya menurun. Apakah karena update software berkala? Atau karena ketahanan sensor, atau kualitas sensor Sony yang Xiaomi pake? Nobody knows.
Kasus ini diabaikan berhubung seminggu kemudian, hape ini accidentally jatoh karena kesenggol dan layarnya pecah. Mengingat deadline yang waktu itu lagi padat-padatnya, kita gak begitu ambil pusing dan langsung nyari hape lain sebagai pengganti.
Berbekal dengan seluruh kejadian dan pengalaman ini, gue semakin mantap, I can't rely to this thing anymore.
The following decision of choice is a huge stepping stone for me, because I decide to get a new, expensively pain-in-the-ass branded phone. An iPhone.
Dulu waktu mau beli Xiaomi atau barang apa pun, pola riset yang gue terapkan selalu sama sih.
1. Riset dasar: Perkaya wawasan soal barang tersebut.
Youtube is the best place to research. Karena nyari pembanding secara visual itu lebih enak daripada baca puluhan artikel sambil ngebayang-bayangin. Jadi, gue kumpulin belasan video dari sumber yang gue tahu reliable & udah terkenal reputasinya. Lalu catet poin penting yang dirasa bisa berpengaruh dalam decision-making.
2. Coba cek testimoni terkait barang tersebut di forum-forum, atau di Youtube juga bisa.
3. Gue selalu cek harga di berbagai toko online terkemuka sebagai ancer-ancer, hanya sekedar biar gak kaget atau ngerasa ditipu karena gap harga. Gue jarang beli online, prefer offline karena selain bisa cuci mata, bisa sekalian ngobrol-ngobrol di store :)
4. Cek kembali hasil compile-an yang udah dibuat, lalu mantapkan hati. Kuncinya, bukan apa aja kelebihan barang tersebut, tapi apakah kekurangan barang tersebut bisa lo terima. Kalo udah mantap, hajar!
Karena sebelumnya gue termasuk dalam jajaran #MendingXiaomi, keputusan ini tentu lahir dengan banyak pertimbangan, selain omelan istri tentunya, he he he he.
Berbekal kepahitan sebelumnya, faktor terkuat yang mempengaruhi keputusan pastinya soal kamera. Kedua, adalah multi-tasking. Dengan OS yang super-stabil, gue belum pernah ngerasain enaknya scroll-swipe-scroll dan berpindah aplikasi satu ke yang lain se-fluid di iPhone.
Di antara hape branded lain, kenapa gue akhirnya hijrah memilih iPhone?
Kenapa bukan Sony?
Gue suka produk-produk Sony, khususnya yang ada hubungannya sama permusikan. Smartphone-nya mereka pun keren, berani beda, dengan desain kotak edgy-nya dan kustomisasi UI yang beda, mereka tetap bersaing dan bertahan sampe sekarang. Hanya aja, gue kurang familiar dan sama sekali gak berpengalaman dengan smartphone Sony. Sekali pun belum pernah megang atau pun swipe-swipe hape mereka yang bernama Xperia itu lho. Jadi ya gue coret.
Kenapa bukan LG?
Simple, walaupun pake stock android, UX/UI-nya mirip-mirip dengan sebagian besar hape cina jaman sekarang. Ngebayanginnya aja, gue udah boring duluan hahahaha.
Kenapa bukan Samsung?
Semua produknya identik! Emang sih S-Pen nya keren, tapi rasanya saat ini belom kepake-pake banget gitu. Selain alasan tersebut, gue gak tahu mau ngapain lagi dengan Samsung beserta UI-nya. Inovasi yang mereka bikin lebih mengarah ke gimmick dan beberapa minor refinements.
Source |
Sekarang aja, masih banyak banget lho yang ngeburu iPhone second-ori kayak seri iPhone 4/iPhone 5 dan kinerjanya masih bisa menyaingi kinerja hape keluaran tahun kemarin. Keren gak sih, selalu butuh waktu lama dari setiap (spesifikasi) seri iPhone untuk jadi obsolete atau basi.
Saking seringnya ngikutin review-review smartphone yang beredar saat ini, gue semacam mulai ngerti gimana cara masing-masing brand berkompetisi satu sama lain memasarkan barangnya agar disukai publik, yang mana juga mempengaruhi pandangan/pilihan kita pada suatu produk smartphone.
Untuk mempermudah bahasan ini, biasanya gue selalu mengkotak-kotakan beberapa merk smartphone ke dalam dua kategori, yaitu hape cina/hape keluaran perusahaan baru (Xiaomi, Oppo, Smartfren, Lenovo Vivo, HTC) dan hape branded/penguasa pasar/pemain lama (Sony, Samsung, LG, Apple).Pernah penasaran kenapa hape branded selalu lebih mahal?
Source |
Di atas kertas, gue beranggapan Apple & Samsung adalah pemain lama, otomatis riset yang udah mereka lakukan ke produk mereka juga pastinya lebih matang, sehingga menghasilkan produk yang bagus juga. Tapi melengkapi itu semua, barang bagus tanpa marketing bagus juga pasti zonk abis.
Terus kenapa hape cina dengan spesifikasi identik bisa dijual lebih murah? Atau lebih tepatnya, apa yang mereka lakukan untuk menekan harga? Banyak banget!
Selain budget promosi yg dipangkas, "gimmick" rilisan spesifikasi terbaru masih menjadi strategi jitu. Downside-nya, ya barang dengan spesifikasi tersebut belum banyak yang pakai. Dengan kata lain, masih minim riset. Suhu hape panas, hasil jepretan ala-ala canvas, baterai berdaya raksasa tapi bocor setengah hari, adalah salah satu contoh minimnya riset.
Mari kita ambil contoh asal produk Xiaomi dengan RAM 6 GB dengan prosesor Snapdragon terbaru quad-core 835. Spek ini jelas unggul di atas kertas. Tapi gimana dengan penampakan aslinya? Udah jadi rahasia umum kalo Xiaomi boros RAM gara-gara MIUI-nya. Alhasil, RAM 6 GB jadi tinggal 3 GB aja. Sementara iPhone, RAM gak usah gede-gede, 3 GB aja, core gak usah banyak-banyak, dual core aja. Believe it or not, performanya bisa sama lancar dengan Xiaomi dengan RAM 6 GB dengan harga yang terpaut jauh. Kok bisa? Ya, karena perbedaan waktu riset.
Itulah strategi marketing. Ujungnya, akan kembali ke daya beli customer untuk menemukan yang cocok, karena pasar hanya menyediakan beragam pilihan.
Cheers!
Thumbnail:
waduh, mana baru ambil mi5. so far puas kinerjanya, termasuk kamera, baru sebulan sih.
ReplyDeleteponsel perang satu lagi, lenovo a6000+, sudah 2th, kinerja masih ok, kamera juga belum turun kualitas nya