Lagu-lagu yang Bikin Time Lapse

5 comments
Source

Ambience. Ambience. Ambience.

Tadinya gue juga diajarin sama pacar tentang apa sih yang dia maksud dengan ambience itu. Jadi ambience (versi kita) adalah semacem rasa/atmosfir ketika kamu lagi dengerin lagu-lagu tertentu, terus kamu ngerasa terbawa dan langsung pingin ngapa-ngapain/melakukan aktifitas apaaaa gitu. Ehehehehehehehe.

Nggak jarang juga, ambience dari suatu lagu terkadang bisa bikin memori-memori lama kita akan sesuatu kembali muncul. Istilahnya time-lapse gitu lah. Jadii, apa aja sih lagu-lagu yang bikin gue time-lapse selama ini? Hmmm....

1. Protonema, Rinduku Adinda

Lagu ini memang somehow gloomy, tapi super-magis-manis buat gue. Selain ini adalah lagu yang keluar sekitar tahun 90'an dan susah banget buat nyari video klipnya, lagu ini punya koneksi yang mendalam buat gue.  Dalem, karena dua hal, ada kenangan masa kecil yang gue nggak inget pas denger lagu ini, dan ada setitik kebahagiaan saat gue masih inget bahwa gue pernah tahu lagu ini.

Ajaib, karena (memang sih) banyak reverb dan efek "gaung" yang ada di lagu tersebut, jadi seakan kalo kamu lagi kangen terus nyampeinnya lewat lagu ini, rasanya tuh kayak lagi teriak-teriak kangen tapi dari dalem goa gitu :))

Gue masih suka mainin part bassnya sampe sekarang. Simpel, rapi, enak buat belajar dan pemanasan jari. Oh, lagu ini selalu jadi bed-song tiap mau tidur :)

2. Saint Loco feat. Astrid, Kedamaian.

Lagu ini adalah top-track band gue semasa SMA di Bandung. Tiap manggung, selalu ada lagu ini. Karena lagunya bagus? Bukan, tapi dulu kita keukeuh mau ikutan audisi band punya Cosmo FM, eh gak tau kenapa malah lagu ini yang dimasukkin, tapi memang akhirnya tembus sih.

Gue masih inget banget sama band saingan kita waktu itu, namanya Milky Way. Band ciprik umur-umur SMP ini kentel banget influence jepangnya (Milky Way adalah salah satu lagunya Laruku juga). Jadi keliatan bagus karena vokalisnya imut-imut, dan cewek. Jelas aja mereka menang.

Sejak saat itu, kita terkenal. Terkenal karena kita masuk radio dan live. Yang dengerin aja sampe jutaan orang, ketiduran. Di Bandung mah yang kecil-kecil aja gampang banget terkenalnya. Makanya enak kalo mau promo-promo ide baru di Bandung. Tiap ada pensi-pensian di sekolah dan kita dapet jatah manggung, lagu ini selalu jadi pilihan. Kita dulu dinobatin sebagai band paling laris di sekolah.

Di sekolah.

Selain lagu ini, kita sering bawain "Gila-gilaan"nya The Changchuters, sama beberapa lagunya J-rocks. Soalnya gue paling jago main bass di sekolah itu. Rumornya, satu-satunya Bassist yang bisa mainin basslines "jalan-jalan" ala-ala J-rocks gitu memang cuma gue. Terus gue pake pick, biar kayak Tetsu Laruku gitu. Padahal gue maunya main gitar. Eh dipaksa sama adeknya kepala sekolah suruh ngebass.

"Geus lah maneh ngabass ((NGABASS)) wae, ngke cepet terkenal, loba fans, sok geura." Aku pun terhasut.


Btw, band gue ini namanya THE BIG PAS EIGHT. Norak emang, eits tapi bukan kita yang bikin, melainkan dari generasi ke generasi. Karir keartisan gue berakhir saat si adeknya kepala sekolah jadi sensi karena gue beli Bass sama guru saingannya doi, bukannya sama dia.  Terus gue didepak. Posisi bass digantiin sama orang yang namanya Akmal kelas sebelah. Orangnya kecil, pendek, kalo ngebass bassnya persis dibawah ketek. Udah kayak Leprechaun aja. Sok iye dia.

3. Peterpan, Tak Bisakah

Lagu ini keluar sekitar tahun 2004'an, iya nggak sih? Kalo iya bener, berarti bertepatan sama momen dimana Bokap-Nyokap lagi ngurus proses perceraian di pengadilan. Dan waktu itu gue kan dipinjemin gitar klasik sama om-om yang gue nggak kenal, terus gue tertarik buat belajar part bass dari tiap-tiap lagu, khususnya lagu ini. Bukan karena emang tertarik sama bass, tapi jari gue nggak nyampe. Gede banget sob gitarnya. Ada kali seukuran pohon natal.

Tapi satu yang memorial adalah gesekan part biola (atau keyboard mungkin) yang ada di akhir-akhir lagu. It really glitches me up.

However, memang saat itu lagi kelam-kelamnya. 

Semua barang di rumah ludes dijualin demi membiayai proses pengadilan. Tinggal sisa kasur sama tipi doang. Saat tiba giliran tipinya dijual, gue marah, nangis, because that was the only entertainment I had left. Tapi akhirnya dijual juga. Akhirnya tinggal kasur sama gitar.

No matter what happened, gue tetep belajar ngebass tiap hari sampe akhirnya seminggu kemudian, gue dijemput Bokap dan disuruh ikut ke Bandung, dan akhirnya gue bisa mainin part bass lagu ini sampe habis :')


4. Sheila On 7, Bertahan Disana.

Ada dua hal yang terlintas saat gue denger lagu ini. Yaitu saat gue pergi perpisahan SMP dan momennya gue nggak inget sama sekali. Yang kedua, adalah saat gue pergi study-tour ke Jogja pas kelas 2 SMA di Bandung. Jadi gue cerita yang gue inget aja kalik ya.

Yang paling gue inget adalah, gue kenal satu cewek yang namanya Anita Trimulia, dia ini cewek yang paling sering gue flirtingin (kontak mata) selama SMA.

Gue selalu nunggu dia saat masuk kelas, dia juga suka ngecek apakah gue udah dateng apa belom Ngeliatin dia pas lagi pelajaran, terus dia ngeliat gue balik. Memastikan bahwa gue juga ngerti bahan pelajarannya. Sering papasan di kantin, gue senyum, dia senyum balik. Indah banget pokoknya.

Sampe akhirnya di study tour, kebetulan kita di bus yang terpisah, jadi kita cuma bisa smsan dari bus masing-masing. Nanya bawa cemilan apa aja, nanya lagi sehat apa mabok, nanya lagi dengerin lagu apa, tapi nggak nanya dia mau jadian apa nggak. Pas turun di komplek Borobudur, kita saling nyari-nyarian gitu. Nggak obviously sih, cuma dari kejauhan, tapi kan kerling-kerling mata gak bisa boong dong?

Masih di komplek, kita wudhu bareng. Liat dia ngebasuh muka tuh jadi cerah banget keliatannya. Dari situ gue yakin kita akan jadi pasangan yang sakinah kelak. Apalagi yang paling syariah selain wudhu bareng?

Semua begitu indah, sampe gue nggak tahan tentang semua kejelasan ini, gue samperin lah dia. Akhirnya dia bilang.... 

"Da maneh mah ngeliatin Nita terus, Nita jadi penasaran jadi we Nita liatin balik. Nita mah pingin temenan aja, abis seneng we ngeliat-ngeliatin orang."

Terus, katanya dia juga lagi suka sama orang lain, namanya Terry.

The stories end. Hatiku remuk di komplek Borobudur.

Sejak saat itu kita nggak pernah teguran sampe lulus. Ini dia orangnya:

Source

5. Singiku, Kebebasan 

The best groove I ever heard! Apalagi ditambahin gimmick "Cekecaah!" di awal-awal lagu, joss abis.

Gue nggak bisa menemukan groove yang gue mau di lagu-lagu contohlah Bondan Prakoso, they're just too progressive. Yang gue cari adalah groove simpel, yang ketika diulang-ulang pun masih enak dengernya, nggak monoton gitu. Walaupun ini lagu lama, vintage's always killin'.

Time lapse-nya ada di bagian reffrain. Mau tau muka gue gimana? Muka gue ya persis kayak gambar kucing diatas sambil nyanyi "ku senang.. ku senang...." Serasa lagi levitasi di kebun raya Bogor .. I feel free............



6. Harapan Jaya, Kuliah Pagi

Lagu garapan bandnya Eddie Brokoli silam ini mengingatkan gue sama anak-anak kos di Solo, sempet gue singgung juga di sini. Karena lagu ini selalu gue setel keras-keras via speaker tiap jam enam pagi. Karena lagu ini positif banget, dan nonjok semangat. 

Anak-anak bukannya kebrisikan, malah makin antusias buat berangkat sekolah dan nyuruh gue nyetel lagu ini setiap pagi. Biar mereka semangat gitu katanya :')

Oh ya, lagu ini dulu selalu diputer jam setengah 4 sore sama MTV, tepat sehabis acara MTV Triple Play yang VJ-nya si Utt kalo nggak salah.


7. Owl City, Saltwater Room

Semua orang pasti punya memori di salah satu lagu Owl City. Bener nggak? hehehe. Saltwater Room ini lagunya mantan gebetan sih, soalnya gue tahunya juga dari dia.

Awalnya cuma temenan di facebook sejak 2006, lama-lama deket, lama-lama curhat, lama-lama telfonan, lama-lama nggak kontakan. Iya, soalnya gue pacaran sama orang diantara waktu tersebut.

Sampe akhirnya dapet kesempatan ke Solo di tahun 2013, ada setitik harapan sih mau ketemuin dia, meski bukan motivasi pertama kali. Dianya kan di Jogja, yaa bisa lah usaha-usaha dikit.

Pas ketemuan, orangnya nggak semanis di foto Facebook, beler, aneh, unrespectful, selalu ngerasa dia makhluk spesial yang punya dunia yang terpisah sama orang lain, dan hidup juga di dimensi yang berbeda. Intinya, dia ini tukang mengkhayal. Im not good with handling dreamers.

Jadi sejak 2006 sampai 2013 itu cuma pernah sekali ketemu. Gila ya, gue bela-belain ke Jogja dari pagi is just for a garbage. Worth it? Setimpal sih, buat bunuh rasa penasaran. Cowok kan' suka gitu.

8. Ungu, Andai Ku tahu

Lagu ini adalah theme song gue saat pertama kali banget ngekos di Bandung. Kalo lo tahu gerai Indosat di Cihampelas, nah kosan gue ada di gang sebelahnya tuh.

Gue ngekos memang bertepatan sama awal Ramadhan, Ungu kan seneng banget tuh bikin album religi tiap menjelang Lebaran, kejar setoran katanya. Tiap hari lagu ini terus yang di setel orang. Nggak radio, nggak Mp3, nggak hape anak-anak kosan, semuanyaaaa nyetel lagu ini.

Bukannya apa-apa, tapi lagu ini selalu terputar ketika gue lagi kelaperan di kamar, lo bisa bayangin seberapa pengang kuping dan nelangsanya perut laper diwakilin sama lirik-liriknya lagu ini.  

"Andai ku tahu, kapan tiba ajalku......".

Oh, crap.

Gue emang cuma dijatah duit 300 ribu (diluar biaya kos) perak per bulan di kantong. Dan lo tahu hal pertama apa yang gue lakukan? Beli lampu. 

Kamar seharga 250 ribu, gue dapet kasur busa tipis dan satu bantal, dikasih bonus karpet yang belum dicuci entah kapan. Plus, kamar gue taunya lembab, kasurnya tipis, gak ada selimut, dan Bandung suhunya waktu itu dingin gila. Beuh.

Gue nggak diajarin ngatur duit yang mumpuni sejak kecil, gue juga nggak minta diajarin karena gue sadar gue harusnya ditakdirkan jadi orang kaya. So, everything was solved.  

Lampunya mungkin cuma 10 ribu, tapi pas balik ke kos tinggal sisa 150 ribu, dan saat itu masih tanggal satu.

Mungkin rekor kali ya, gue ngutang warteg selama sebulan diitung dari tanggal dua. Well..

Akhirnya gue minjem duit lah ke satu cewek di kosan. Dia ini anak yang punya kos. Eh, taunya dia juga satu sekolah sama gue. Seneng dong. Anaknya juga cantik.

Sejak itu kita jadi sering ngobrol, sering gitaran bareng di ruang tamu, ngantri kamar mandi dan saling ngegep karena cuma berbelit anduk dan saling memandang, sering makan bareng nyokapnya, dan fiuh gue tertolong.

Bokap sebenernya jarang nengokin gue, selain emang gak care-care amat sama anaknya, dia risih sama si ibu kos karena tiap dia dateng tuh pandangan si ibu kayak lagi menanti suami baru.

Suka minta traktir, suka ngajak ngobrol private, terus suka nanya-nanya gimana cerita perdudaannya dulu.

Bokap emang duda, tapi gue yakin standarnya nggak ikut luntur di pengadilan. Sebagai pelampiasan, tiap nengokin gue pasti mindik-mindik biar gak ketauan si ibu kos, dan langsung lari ke kamarnya Kiki.

Aa' Kiki ini temen kelaperan sepenanggungan gue, ngutangnya sih bareng, tapi bayarnya jarang bareng. Dia juga punya perpustakaan gede yang basisnya dari ilmu Jerman, namanya Das Mutterland. 

So much fun, soalnya gue bisa baca berpuluh-puluh buku terkenal tiap main ke kamarnya. Saking banyaknya itu buku, lapak di perpusnya gak cukup, terus mau nggak mau ya dibawa ke kamar kos.

Friendship kita harus rehat sejenak karena dia dikejar-kejar orang penerbit karena doi punya tunggakan yang belum dibayar. Buronan penerbit ini akhirnya hijrah (kabur) ke Jakarta. Semua perabot dan buku-buku musti terpaksa doi relakan tergeletak di kamar. Akhirnya "dijarah" sama ibu kosnya deh.


9. Five Minutes, Pujaan Hati

Note: Ini lagu yang versi lama ya, bukan yang formasi baru.

Ngingetin gue pas masih kelas 6 SD, baru beres Try Out buat Ujian Nasional ke SMP waktu itu. Gue stuck di sekolah karena hujan deres disertai angin kenceng, dan gue gak bawa payung, boro-boro ada yang mau jemput. Lika-liku beratnya pelajaran saat itu memang bikin gue exhausted. Karena gue diancem harus ranking satu kali ini, setelah sebelumnya kepleset di ranking 6 gara-gara kecanduan PS, Bokap nggak mau toleransi lagi. 

Bahkan PS gue di rumah yang umurnya baru seminggu langsung dijual lagi. Padahal gue baru masuk tahun pertama di musim dingin Harvest Moon :(

Nggak sabar nunggu ujan, akhirnya gue gemes mau nembus hujan sampe rumah. 2 jam kemudian, gue demam tinggi dan divonis tipes. Berakhir rawat inap selama dua minggu di Rumah Sakit Agung Manggarai :)


10. Ikimono Gakari, Koitsuru Otome

Dentingan piano di awal lagu ini sucks abis. Karena ini juga lagunya mantan gebetan di nomer 7, hampir gak ada jalan gimana caranya biar gue nggak keingetan. Dan gue khusus bikin video cover buat dia karena dia juga bikin cover lagu ini, meski bukan buat gue, gue cuma pingin nunjukin kalo gue juga bisa kok mainin lagu ini. Biasa, boy's thingy. Videonya juga masih ada di sini.

Masih gue simpen karena gue terlihat seksi dan ganteng di video tersebut. Thanks to heavenly light yang tembus dari nako kosan.

**

Sepuluh track tadi masih jadi repeated-playlist gue pas mau tidur lho, mungkin kakak-kakak yang caem ini punya kenangan berbeda di lagu yang sama? Boleh lho di share:)

5 comments:

  1. Pink Floyd - Echoes
    nah bro yang ginian namanya ambience.. dengerin pas jam 11 malam biar dapat nuansanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh jugaa. Eh tapi itu juga lagu Protonema - Rinduku Adinda juga maknyos didengerin dini hari. Kayak melayang di galaksi ~('.')~

      Delete
    2. Kan kita ngomongon ambience versi kita aja :')

      Delete
  2. Tulisannya jujur sekali :')
    Tapi itu Saltwater Room memang dentingan musiknya, lullaby banget sih yaaa :D

    ReplyDelete