Ideologi Jumatan

3 comments
Seneng jumatan? 

Ya iyalah kalian pasti para cowok selalu jum'at-an.

Cuma sekedar share aja sih, 

Gue punya temen namanya Andra, tapi sayangnya dia sangat jauh dari sempurna nya Andra and the backyard, kasian sih, tapi bukan gitu masalahnya . 

Dia ini hampir jarang banget jum'at an, kalopun dia niat jum'atan, mesti datengnya paling akhir tipis-tipis mau shalat dan pulang paling pertama. Menurut gue sih ya, ada beberapa main course pahala di dalam ibadah shalat jum'at an itu sendiri biar pahala kita di hari itu jadi 100%.



1. Niat (10%)

Kenapa cuma 10? 

Karena memang pada dasarnya kalo orang ibadah tapi dari awalnya gak niat, kelanjutan ibadahnya bakal gagal total. Oke itu bener, udah sih gitu aja.


2. Dateng awal sebelum adzan (10%)

Selain Tuhan pasti nilai kita rajin, para malaikat pun juga bakalan ceria mendampingi, ya istilahnya di sorak-sorakin hore secara nggak kasat mata gitu deh. Seneng dong? iya kan? Biasa aja sih kayaknya.


3. Mengikuti khutbah jum'at dari awal sampe finish (30%)

Kenapa 30? Disini lah poin yang bikin gue agak deg dikit meskipun gak banyak. Nanti gue jelasin di bawah.

4. Shalat wajib 2 raka'at (50 %) 

Masih nanya?

***


Ceritanya gini, gue nyoba negur dia dengan statement pertanyaan yang kurang lebih kayak gini :

"Lo kenapa sih tiap jum'atan gak pernah ikut khotbah? dateng belakangan pulang duluan,  Yakin sama pahala lo?"

Jawabannya ngehe banget, sekaligus bikin merenung :

" Yaelah meeeen, gini ya. 

Lo tau ada sabda Nabi kita yang bilang kalo "ketika para khatib di shalat jum'at udah gak pernah lagi bahas soal siapa dajjal beserta kiamat, itu adalah salah satu tanda kiamat" ?

Nah sekarang lo peratiin deh, dalam jangka satu tahun, pernah denger ada khatib yang bahas soal itu nggak? Yang ada mereka cuma ngebahas topik dan arahan-arahan basi yang cuma bisa bikin ngantuk jama'ah nya. Lha sekarang kalo dateng awal tapi ketika khotbah malah ketiduran? Pahala bukannya jadi sama aja?

Ya gue sih bukannya ngeremehin job-desk nya Khatib, tapi menurut gue jadi imam shalat itu luar biasa susah loh. Kalo dia dari awal aja nggak ada yang meratiin, plus do'a-do'a yang dia lantunin nggak fasih, sama aja ibadah jum'atan di hari itu udah berkurang drastis pahalanya. 

Jadi daripada gue dateng awal-awal malah pahala berkurang drastis, mending gue meng-aman-kan pahala yang jelas-jelas bisa gue simpen, yaitu sebuah niat, wudhu beres, dan sholat dengan sikap sempurna."









Woelah.






Gue mringis aja, bingung mau jawab apa.

Kalian yang baca punya tanggepan? Monggo di mampir di comment-box .

3 comments:

  1. Tapi kan mendengarkan khutbah jumat juga termasuk rukun sholat? Iya kan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kakak. Btw, kakak anonym ini siapa yah? Jadi penasaran :|

      Delete
  2. Btw ada yang kurang masbro,, Tahap akhirnya pasti dapet sandal atau sepatu baru tuh pas pulang dari mesjid

    Kumpulan Artikel Kesehatan Yang Terbaik Untuk Anda

    ReplyDelete