Social Media Admin; Ada Jobdesc Tapi Kok Serabutan?

3 comments

Bentar-bentar. Yang bener itu nulisnya "Jobdesk" atau "Jobdesc" sih? #dibahas

Ternyata lagi marak banget ya jobdesc tumpang tindih dalam satu jabatan di dunia persosmedan.

Ada yang keburu nyadar duluan lalu menganggap hal tersebut gak adil, ada juga yang pasrah kerja rodi (atas nama) demi pengalaman baru.

So, we're talking about personal standard, right?

Yaaaa kalo ngomongin standard yang bersifat prinsipil kayaknya agak sulit ya. Gue sendiri kerja di sosmed kurang lebih baru 2-3 tahunan. Udah kirim CV ratusan kali ke sana ke mari pun tetep ada tuh yang "dia pikir gue nggak tahu kerjaan gue lalu" nyuruh serabutan.

Kalo take home pay-nya sepadan, ya oke lah. Kalo ternyata gak? Waduh, bisa nombok umur alias tua di kantor tuh'.

Tapi sebenernya kenapa sih mereka begitu? Apa kita yang kurang jodoh sama kantornya? Atau jangan-jangan kita yang kurang riset? Hmmmmm..

Sepengalaman gue sih ya, perusahaan "bisa" berbuat seperti itu karena beberapa alasan:

1. Kantornya belum berpengalaman

Bisa jadi kantornya gak tahu-tahu banget soal jobdesc dari jabatan yang bersangkutan. Kemungkinan besar memang sebelumnya belum pernah ada jabatan khusus untuk bagian digitalnya, dan kamu adalah kandidat pertama mereka. Jadi, agak gagap tuh dia.

Yang mana nih?

Eit, tapi kamu jangan pesimis duluan.

Kamu bisa educate mereka dengan cara yang smooth biar sama-sama enak. Contoh, pro-aktif nyeritain "sejarah" dan udah seberapa pengalaman (semisal udah ada) kamu kerja, kalo interviewernya mentok, biasanya nanti nanya balik kok. Nah, itu bisa jadi kesempatan kamu biar gak keburu "nyemplung" serabutan kan'?

Lancar sampe tahap akhir tapi ternyata tetep harus serabutan dengan bayaran gak sesuai? Boleh (maju) mundur cantik aja, kak. Kecuali kalo emang suka banget sama kantor dan atmosfirnya, nothing will stop you. Jangan dipaksa daripada nelangsa :)

2. Untuk memenuhi persaingan


Hmmm sabar-sabar-sabar, jangan keburu panas dulu.

Mungkin maksudnya soal seleksi alam buat fresh-graduates yang notabene sekarang banyak banget kali ya. Di mata perusahaan, fresh graduates yang belum punya pengalaman sosmed apapun tapi punya skill lain mungkin akan lebih dipertimbangkan.

Anggaplah si kandidat berminat ngisi posisi Socmed Admin, tapi bisa desain juga. Hal ini pastinya mempengaruhi penilaian perusahaan untuk nyingkirin fresh-grads yang pengalamannya "kosongan" atau gak digital-related. Karena kamu belom pengalaman, ya biasanya emang disuruh serabutan dulu tuh sampe akhirnya skill kamu lebih mengerucut.

However, skill di luar jobdesc utama yang dimiliki kandidat itu sebenernya bonus ya, dan harusnya nggak disalahgunakan atas nama ketatnya persaingan dunia kerja.

Bonus skill itu awalnya didapat mostly karena rasa penasaran, bukan biar nantinya siap sikut-sikutan berebut pekerjaan. Semoga kedua belah pihak bisa makin saling ngerti ya.

3. Salah tipe agency

CMIIW, yang butuh "pekerja sosmed" hari ini kan gak cuma satu tipe perusahaan dong? Ada yang e-commerce, media publishing, advertising agency, digital agency, dan lain-lain. Masing-masing punya background yang beda-beda pastinya.

1. E-commerce biasanya menitik beratkan pada sales, SEO, dan demografi (eh kalo salah mohon koreksi ya). Selengkapnya kayak yang ada dalam artikel ini

2. Media publishing itu biasanya penerbitan atau permajalahan ((PERMAJALAHAN)) yang butuh orang sosmed untuk kebutuhan tertentu, tentu modusnya beragam. Bukan, ini bukan soal pedagang baso boraks yang suaranya disemutin itu.

3. Advertising dan Digital Agency sebenernya mirip-mirip, palingan cuma beda di start-backgroundnya aja, kayak yang lagi diomongin anak-anak kaskus di sini.

Masing-masing tipe tersebut (khususnya yang baru expand ke ranah digital) pastinya juga punya alokasi budget yang berbeda. Kalau yang dari awal emang dalam bentuk Digital Agency/Startup, biasanya jarang serabutan sih.

So, kalo persoalan background ini penting buatmu, yaaaa choose wisely ya :D

4. "Nilai Jual" kamu kurang

Udah jadi rahasia umum, kalau seharusnya kita sebagai kandidat dan interviewer harus saling riset terlebih dulu.

Nah yang missed, justru si kandidat ini justru seringnya lupa riset. Karena pihak kantor udah riset segala macemnya tentang kamu, mungkin mereka langsung punya hipotesa sementara tentang seberapa "precious"-nya kamu. Kasarnya, mereka belum sepenuhnya percaya kamu untuk satu jabatan yang spesifik.

Hope so...
Jangan langsung kecil hati, info-info riset mereka itu kan yang ketahuan (yang obvious via sosmed-share dan search-able), yang mereka gak tahu pastinya juga masih banyak kan. Itu bisa jadi kesempatan untuk lebih nonjolin diri (walaupun mungkin akan tetap berakhir ya....... serabutan) dan senjata andalan kamu untuk naikin nilai jual.

5. Emang lagi musimnya
  
Yailah duren kali pake musim-musiman.

Kali ini kita ngomongin corps yang udah berpengalaman ya. Alasannya bervariasi sih, tapi yang biasanya sering jadi hi-lite adalah:

[*] Menghemat budget. Gue gak bilang mereka akan bangkrut ya, tapi seringkali soal efisiensi. 

Yaaa mungkin sebelum kamu ngelamar, si perusahaan itu tiap ngasih gaji selau dibarengi dengan pesta. Nah, kamu apes aja dateng pas si roda perusahaan lagi di bawah :)

[*] Gak punya cukup tempat untuk nampung banyak pegawai. Jobdesc untuk dunia digital sekarang sebenernya lumayan banyak lho.

[*] Terlalu banyak orang malah bikin nggak fokus. Ada yang bilang "terlalu banyak kepala, terlalu banyak pendapat".  Terkadang beberapa pekerjaan emang akan lebih cepet selesai jika diurus oleh satu orang.

Oleh sebab itu, kandidat yang mereka haruslah "the great multi-tasker". Tiap perusahaan pasti punya referensi tersendiri kenapa merapatkan banyak kerjaan di satu orang. Alasannya beragam dan sampai hari ini masih jadi misteri.

[*] Sengaja mempersiapkan satu orang buat jadi all-rounder. Maksudnya adalah, ketika salah satu pos jabatan kosong, bisa di-takeover sementara dulu, sambil nyari ganti kandidat yang memang lebih ahli di bidangnya.

**

Gimana-gimana, udah sedikit tercerahkan?

Kalo (secara gak sengaja) ada kantor yang baca tulisan ini, mudah-mudahan nggak malah dijadiin pembenaran ya :( Karena yang namanya serabutan itu pasti gak enak. Mana ada sih orang kerja dalam kondisi heavy-loaded tapi enak? Demi kebaikan bersama, kalo bisa yaaaa dibikin sama-sama asik aja lah, ya nggak?

Hah, masih ada unek-unek? Share di comment box ya!

3 comments:

  1. Kalo udah kurang sreg sama posisi socmed admin yang 'kantoran', coba aja sambil jadi socmed admin freelance. Walaupun tambahan pendapatan juga nggak seberapa, tapi seru aja sih hehe #pengalaman

    ReplyDelete
  2. artikel yang menarik sekali min, makasih buat artikelnya ini...
    http://cody.id/produk/blower-infrared/

    ReplyDelete