Xiaomi Mi4i, Anak Kemaren Sore?

3 comments

Hey, it's me again!

Dan inilah dia review yang paling ditunggu-tunggu orang yang tidak (lah)

Hape ini santer banget diomongin oleh anak-anak perumahan Bukit Duri sebagai hape yang "Yaelah begitu doang" tapi mahal banget. Mereka pun akhirnya sepakat buat menyematkan satu panggilan sayang khusus untuk hape ini:

"MIYAY"

Mungkin panggilan terkasih tersebut berasal dari angka "4" yang terlihat kayak "A", lalu dilafalkan dengan sangat egois menjadi MIYAY.

Tapi emang sih, jadi lebih gampang disebutin. Mungkin di kemudian hari akan segera digunakan sebagai alternatif nama inspektur di banyak sinetron India yang kondangnya adalah Inspektur Vijay, menjadi Inspektur Miyay.

*sekip langsung aja lah ya bro*

Lalu, apa sih yang membuat gue akhirnya stumble upon sama hape ini, lantas (pernah) menjadikannya daily-driver?

Kesan pertama

Dulu waktu belum tahu-tahu amat soal perhapean, malah pinginnya beli Asus Zenfone 2, dengan Mi4i sebagai pembanding. Sekarang udah lumayan deh knowledge-nya, makanya langsung bisa nulis sotoy soal jeroan hape di http://www.banbanpret.com/2016/01/spek-smartphone-wajib-milih-rela-perih.html

Mi4i (kiri) dan Asus Zenfone 2 (Kanan)
Iya, Zenfone 2 versi paling kakak waktu itu harganya masih di angka 4,3 jutaan, sementara Mi4i juga 3.5 jutaan. Harga tipis itu yang membuat gue yakin bahwa dua hape ini bertanding di arena yang sama.

Seminggu berlalu dan puluhan video review pun masuk recycle bin. Bukannya makin yakin, malah makin galau, karena reviewer kan' hobinya suka diplomatis-ngehek gitu kan tuh :p

Tapi selera emang nggak bohong sih. #humblebrag

Habis gajian, langsung ngacir ke Erafone terdekat dan toko hape sekitarnya buat mantepin wangsit. Lirik-lirik ke price-tag, waktu itu angkanya masih 3.1 jutaan mengingat hari ini di Oceanic udah turun jadi 2.4 juta. ((GUE BERASA BUZZER GRATIS OCEANIC NIH))

Hasil akhirnya, gue makin nggak srek sama Zenfone 2 dan cuma butuh lima menit buat mantep ngeborong Mi4i :)

Gampang masukinnya (?)

Gue dulu pernah pake Andromax Z yang dimensinya tuh hampir 6 inch. Dan lama-lama berasa juga bahwa hape 5-6 inch itu kegedean buat ukuran tangan manusia Indonesia macam gue ini. Susah dipegang, dan susah juga dikantongin.

Source
Pas berhasil grepe-grepe Mi4i yang dimensinya ternyata cuma 4 inch lebih dikit, widihhh kok rasanya pas ya.

Dimensinya yang compact bikin betah ngebolak-balikin casingnya walau cuma sekedar jahil-jahilan aja. Kan' ada tuh dimensi hape yang keliatannya 4 inch tapi kok tinggi, ada juga yang 5 inch tapi berasa lebar agak kotak.

Nah, Mi4i ini termasuk yang proporsional, nggak kelebaran nggak ketinggian, pas aja.

Belum lagi soal bahan casing plastik Polycarbonate-nya yang alus, dan anti sidik jari. Gue seumur-umur pegang casing plastik belum pernah senyaman ini, cobain deh sendiri (yamasak musti beli dulu (?)

Kamu yang suka ponsel sleek and slinky, Mi4i nggak bakalan bikin jenuh.

Membongkar jeroan Mi4i

Yang gamer mendingan pada minggir dulu deh, karena jeroan hape ini nggak cocok buat gaming level hardcore.

Tapi menurut gue, hape ini termasuk yang cukup reliable dikelasnya. Yuk, tengok bentar spesifikasinya.
Source
  • Snadragon 615 + RAM 2 GB +Adreno 405 = Waduh
Meski termasuk seri "adek" flagship (unggulan), jeroan Mi4i bukanlah seri flagship. Apalagi kalo dibandingin sama seri adek-adeknya kayak Redmi Note 2/3,Mi4i bukan termasuk fast-performer, dan kamu harus tahu alasannya.

1. Komposisi Snap 615 dan Adreno 405 sebenernya lumayan, tapi ada yang bilang bahwa komposisi ini bukan yang terbaik kalo ngomongin fast-performing. Belum lagi MIUI yang maruk RAM (2GB cuma disisain beberapa ratus MB) bikin performnya kurang gesit dan kadang banyak frame-skip. Tapi, fitur dan kustomisasi yang ditawarin MIUI menurut gue simple banget dan memudahkan :)

Source
2. Masih soal jeroan, komposisi tadi sebenernya bukan best-mate buat Android Lollipop yang notabene masih baru. Dulu sempet "rusuh" berhubung ponsel ini cepet banget panas. Setelah beberapa kali software update, panasnya berkurang sih, tapi tetep aja masih menghangat. IMO, selain karena kombinasi jeroan yang kurang "hooh", ini kayaknya juga disebabkan oleh tipisnya (dimensi) jarak processing-board dan casing belakang, jadinya berasa panas banget pas digenggam.

However, kalo niatnya dibawa buat daily-driver dan kerja, ponsel ini jelas masih bisa diandalkan kok di kelasnya. Multi-tasking lancar, aktifitas gaming mid-range juga masih sanggup meski kadang harus kompromi dikit.

Semua sosmed pun dihandle dengan baik, kecuali untuk Snapchat ya. Karena masih sering frame-skip, agak lag juga pas pake filter. Kurang recomended.

Kamu, yang pingin cek spesifikasi lengkapnya langsung ke GSMarena aja yak.
  • Kualitas layar yang cukup unbelieveable
Layar Mi4i besutan JDI (Japan Display Inc) ini beresolusi 1080 x 1920 (Full HD) dengan kerapatan 441 pixel-per-inch (standarnya 300 ppi), ditambah dengan jangkauan warna NTSC 95% Ultra high Color Gamut yang bahkan iPhone 6 aja masih 72% NTSC.

Artinya, layar Mi4i bikin warna biru jadi lebih biru, hitam jadi lebih item, yang kuning jadi lebih kuning, yang merah jadi lebih me.......... ndingan langsung cek warna merah Path di Mi4i, lalu bandingin sama hape lain. Nah :)) 
  • Superb Camera!
You'll never get wrong with Mi4i's camera, at least untuk budget segitu ya.

Mi4i punya Kamera utama 13 MP, 4128 x 3096 pixels, dan dilengkapi Autofocus plus dual tone flash. Kelebihannya dibanding flash biasa adalah, foto low-light jadi lebih yaaaa oke lah. Sementara kamera depannya memang cuma 5 Megapixel, tapi punya apperture yang kecil di 1.8, dijamin selfie kamu engagementnya naik deh :))

Terus juga, interfacenya ringkas banget. Cuma ada tiga tombol dari kiri ke kanan: Gallery, shutter, dan video. Swipe ke kanan untuk camera modes, swipe ke kiri untuk filters. Simple!

Daaaan belum banyak yang tahu kalo sensor kamera yang dipakai Xiaomi Mi4i (ada dua versi rilis) adalah sensor SONY Exmor RS IMX 214 dan Samsung ISOCELL. Overall, dua-duanya bagus. Tapi kalo dibandingin, hasil fotonya masih bagusan yang Sony sih. Tapi berhubung koleksi foto Mi4i gue selfie aib-aib semua, boleh langsung googling aja yak. I believe it's beyond your expectations :)

Tapi mengenai isu kamera Mi4i bisa membuat bentuk alis jadi lebih curvy sampe saat ini masih menjadi misteri ya..

Ngomongin Benchmark, nilai Mi4i sekitar 38.000- 40.000-an. Tapi yang namanya pengalaman nggak bisa diukur pake angka kan?

Hmmm kayaknya kalo ngomongin highlight Mi4i emang cuma itu sih, biar makin mantep lagi, simak penjembrengan plus minusnya:

PLUS+


1. Superb camera! You'll never get wrong with it.

2. Super compact, nggak repot nyimpennya apalagi pas dimasukin kantong celana. Really does fit on my hand and yours.

3. Well-build and well-designed.

4. Teknologi Sunlight Display. Nggak seperti auto-brightness biasa, begitu Mi4i terpapar sinar matahari, sunlight displaynya membuat area gelap menjadi lebih terang, dan yang udah terang nggak akan diterangin lagi. Semacam adaptif gitu, dan proses ini berlangsung per-pixel. Really useful.

4. Dual SIM standby, dan dua-duanya udah 4G.

5. Fast Charging, salah satu teknologi yang menurut gue kepake banget di ritme kota Metropolitan yang serba kebelet berak ini.

6. Tampilan layar super-cantik yang kece berat. Udah kece pake berat lagi. Turn off your phone and see the "all completely black" screen with almost bezeless ditambah logo "Mi" yang glossy di pojok kiri atas, mencirikan hape ini tuh unggulannya Xiaomi. Bikin flirting sama hape ini nggak ngebosenin.

Thanks to its OGS (One glass Solution) milik Corning meski bukan Gorilla Glass, tapi cukup menghemat biaya dan waktu buat beli scratch-resistant.

  • MINUS-
1. NO EXTERNAL SD CARD, salah satu bagian yang paling mengecewakan buat sebagian besar orang. Yah kalo punya iPod, who needs SD Card anyway? ((LAH MALAH PROMO BARANG LAEN)

2. Really-really-really does heat-up alias cepet panas. Terutama pas charging dan layar nyala lebih dari 15 menit. Banyak yang diplomatis bilang bahwa "ah cuma anget-anget aja kok" but I do not agree with them. Nyaman nggak nyaman itu relatif, tapi kalo setiap user pasti noticed the heat, there's must be something wrong.

Tapi ini bukan masalah jika kamu termasuk yang selalu butuh kehangatan.

3. Dari ROM atau flash storage yang 16 GB itu, kita harus berlapang dada berhubung yang bisa dipake totalnya hanya 12 GB (karena dimakan system yang tida bertanggung jawab). 12 GB ini masih wajar kok selama kamu bukan tipe user yang suka nge-save-in video Youtube ((UDAH ENAK-ENAK DI YOUTUBE MALAH DISAVE))

4. I don't like the button placements. Gue biasa pake hape yang tombol volume dan powernya terpisah, nggak ditaro sejajar kayak Mi4i. Asik aja gitu, kalo mau screenshot gampang, kalo mau on/off screen juga nggak terlalu perlu effort ngeraba-raba.

5. Kurang disarankan untuk anak Snapchat :)


Verdict akhir

Jika minus kamu lebih dari dua poin, disarankan sih harus rela kompromi atau ambil Redmi Note 2/3 or seri Xiaomi lainnya yang terbaru.

Atau kamu pingin coba tengok-tengok saudaranya yang lain?

Si gahar Mi4C
1. Mi4c, kependekan dari Mi Fo(u)r China alias cuma dirilis hanya untuk China. Mengusung spek yang lebih gahar daripada Mi4i, konektornya pake USB type C (lebih cepet dari USB 3.0), punya internal storage yang lebih gede, lebih mahal, dan yang keren adalah warnanya hitam. Berhubung ini nggak rilis di Indonesia, jadinya bergaransi distributor (non-resmi).

Kalo minat, bisa cek lapaknya Oceanic (kalo masih ada) atau Tokopedia (harus trusted seller) https://www.tokopedia.com/oceanic/etalase/xiaomi
Mi4, keliatan premium nggak?
2. Mi4, nah seri ini sebenernya adalah versi "sesungguhnya" flagship (unggulan) Xiaomi karena global-released. Sementara Mi4i itu sebenernya untuk India (Mi for India) yang keterusan di-expand ke pasar global. Punya spek yang tipis-tipis kayak Mi4i tapi terkesan lebih premium karena buildnya dari metal, bukan plastik. Dan satu downside yang ngeselin adalah, Mi4 belom support dual-sim dan masih single SIM 3G. (wtf?)

3. Super alternatif! Berhubung bulan ini baru aja launching flagship terbarunya; Mi5, mungkin kamu mau bersabar hingga pertengahan Maret 2016 nanti? Dan denger-denger, bakal ada kejutan karena akan rilis juga seri yang lain bernama Mi4S :)

Useful Links

1. Kaskus Mi4i Forum, membahas segala macem printilan dan masalah yang terjadi di Mi4i, lengkap dengan tips sebelum membeli Mi4i biar nggak ketypu. Should be helpful!

2. Official MIUI Mi4i ROMS, kalo ternyata kamu bermasalah dengan update secara OTA, bisa download mentahan ROM-nya di sini. Tapi karena Mi4i ini global released, you won't need this.

3. Official websites:

Website Resmi : http://www.mi.com/id
Facebook : https://www.facebook.com/XiaomiIndonesia
Twitter : https://twitter.com/miofficial_id
Bundling Telkomsel dengan Mi4i http://www.telkomsel.com/XiaomiMi4i

4. Tees.co.id juga ternyata menjual beberapa case buat Mi4i loh. Ceki-ceki yak!


Jadi, apakah Mi4i ini termasuk yang akan jadi gacoan kamu, atau cuma hape selewatan anak kemaren sore?

3 comments:

  1. Mantap mas artikel dan ane jadi pengen beli nih nanti pas gajian hehe

    kunjungi blog saya mas gan di Kumpulan Artikel Kesehatan Yang Terbaik Untuk Anda

    ReplyDelete
  2. iya smartphone xiaomi ini peminatnya banyak sekali...
    dc power supply

    ReplyDelete