Pokemon GO, Tutorial Untuk Pemula

43 comments

Hey, it's me again!

Duh, gempar banget yekan Pokemon GO?

Sebagai anak Digimon garis keras, akhirnya luluh juga buat nyobain. Gue masih inget nih terakhir kali nonton di SCTV itu pun setengah jam masih juga dipotong iklan. Yasalam sebulan nonton cuma bisa hafal si Pikabu, bulubkasur, sama Snorlax. Amit-amit.

Well akhirnya, gue download juga dong Pokemon Go via link yang gue dapet dari www.apkmirror.com.

Baru mainin Pokemon GO tiga hari, langsung nyadar bahwa tutorial yang ada di game ini sama sekali nggak memuaskan. Kalo kamu pikir game ini simpel, bisa dibilang kamu salah besar. Game ini kompleks banget. Banyak elemen-elemen yang sama sekali gak dijabarkan and they remain hidden!

Untuk itu lah,  I'm here to help you. Yuk, simak berbagai tips dan trik Pokemon GO beserta penjabaran mendetail tentang dasar-dasarnya. Gue yakin lebih lengkap karena gue re-write dari berbagai sumber.

Let's enjoy and have a seat.


Pokemon GO Basics

Setelah bikin username dan sedikit kustomisasi karakter yang bisa dibilang gak gimana-gimana amat, you're ready to catch your first Pokemon. Begitu masuk di interface awal, kamu akan dikasih pilihan untuk menangkap salah satu dari tiga Pokemon starter yang ada, Squirtle, Bulbasaur, dan Charmander.


Sekarang adalah saat yang tepat buat mulai adaptasi. Di map, kamu bisa liat beberapa ikon landmarks yang menandakan PokeStop, dan Gyms. Since kamu baru bisa masuk Gym setelah sampai di level 5, this will be your first objective.

Suka liat ada rustling grass atau animasi rumput muter-muter di beberapa area? Itu artinya ada beberapa Pokemon yang akan muncul begitu kamu cukup deket dengan area tersebut. Di pojok kanan bawah, ada semacam radar/indikator biar tahu Pokemon apa yang lagi ada di area tersebut.

Terus footprints/jejak kaki ini buat apa sih?

Setiap jejak kaki atau footprints mengindikasikan ada Pokemon sekitar 100-300 meter dari tempat kamu berada, jadi makin dikit footprints artinya makin bagus. Tiga footprints berarti Pokemon tersebut ada dalam jarak terjauh dari tempat kamu.

source
Kalo gak ada footprint? Nah, siap-siap aja kuping kamu ditiup karena it's standing right next to you! ((DITIUP POKEMON))

Tiap kali kamu jalan-jalan dan nangkep Pokemon, kamu akan dapat EXP dan level points.

Oh ya dan jangan lupa, Pokemon kan banyak banget ya, pastinya juga disesuaikan sama habitatnya. Kayak kamu cari Pokemon air, carilah deket sungai atau Waterboom sekalian. Kalo cari yang hantu-hantu, biasanya sih di kuburan (Gue dapet Gastly di Menteng Pulo :)

Kamu juga bisa pake item "Incense" buat menarik (minat) Pokemon liar ke tempat kamu berada selama 30 menit. Item ini bisa dibeli di shop atau dapet dari PokeStop. Kalo gue sih pakenya pas lagi di dalem mobil dan di sekitaran jalan tol, dijamin panen. 

👍 Catching Pokemon

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi tingkat kesuksesan kamu dalam menangkap Pokemon:

1. Combat Power (CP) Point, makin gede level karakter, CP dari Pokemon yang muncul akan makin gede
2. Tipe Pokeball yang kamu gunakan, higher rate of success
3. Pokeball Throwing, atau teknik melempar Pokeball

Dari ketiga point tersebut, yang paling perlu kamu latih adalah yang nomer tiga. Gimana angle kamu saat melempar dan tenaga saat nge-flick touchscreen adalah faktor yang harus diperhatikan. Karena in reality, nangkepnya suka susah-susah gampang. Dan pastinya kamu pengen selalu dapet saat first-try dong?

Tombol AR yang ada di pojok kanan atas mungkin bisa kamu matiin untuk mempermudah.

👍 Teknik Melempar Pokeball

1. Tap and Hold (Ekstra 10-100 EXP)

Triknya, tap-tahan Pokeball kamu, lalu akan muncul sebuah indikator lingkaran/ring berwarna hijau/kuning/merah di target Pokemon kamu, yang ukurannya berubah-ubah.


Ring hijau merupakan yang termudah, CP dari target Pokemon yang akan ditangkap kemungkinan sama dengan kebanyakan koleksi kamu. (CP 10-150)

Ring warna kuning/merah artinya Pokemon tersebut ber-CP gede, dan butuh usaha serta kesabaran dikit biar dapet. Kamu bisa gunakan Berries biar Pokemonnya agak jinak dan tenang dikit.

Nah, kalo timing melempar kamu tepat saat ring dalam ukuran terkecil, maka kamu akan dapetin ekstra "Nice (10 EXP), Great (50 EXP), dan Excellent (100 EXP) sebagai throwing reward!

2. Curveball Technique (10EXP)
    Tap Pokeball dan lakukan gerakan memutar/berotasi, tinggal lempar sesuai arah putaran dan ekspektasi curve yang kamu mau. Taraaaa, pasti gagal sih percobaan pertama but it's okay :D

    Gak terlalu susah buat dikuasai, tapi sekali berhasil plus kamu bisa dapet excellent throw, wuih lumayan banget kan. Tutorial videonya bisa kamu cek di sini.
      👍 Pokemon Level-up and Evolve

      Here's the easy part. Untuk bisa level-up dan evolve, kamu butuh Pokemon Candy dan Stardust. Selama jumlah Stardust dan Candy kamu cukup, level-up dan evolve bukanlah masalah.


      Tapi dari kedua bahan tersebut, Stardust is the one you should worry about. Karena musti rajin nangkepin banyak Pokemon biar Stardust kamu selalu cukup.

      Where to find Pokemon Candy and Stardust

      Jadi, Candy dan Stardust ini bisa dapet dari mana aja sih?

      Get Pokemon Candy:
      • Catch Pokemon, setiap kali kamu sukses nangkep Pokemon, kamu akan diberikan 3 Pokemon Candy dari jenis yang bersangkutan 
      • Transfer Pokemon ke Profesor, kalo kamu punya banyak ekstra Pokemon berjenis sama, atau ada Pokemon tertentu yang bikin kamu ilfil, nah transfer Pokemon ini bisa jadi opsi yang bagus.
      source
      Selesai transfer, kamu akan dihadiahi 1 buah candy dari jenis Pokemon yang bersangkutan, yang nantinya bisa dipake buat upgrade power dan evolve. Jadi jangan cuma dikoleksi aja ya :)
      • Hatching egg, setiap kali kamu menetaskan telur, kamu akan menerima sejumlah Candy bergantung dari jenis Pokemon apa yang ditetaskan.
      Get Stardust:
      • Untuk setiap Pokemon yang kamu tangkap, kamu akan dapat 100 Stardust
      • Daily Bonus dari setiap Pokemon yang kamu setor di Gym
      Klik Shop, klik icon Shield di pojok kanan atas. Makin banyak Pokemon yang udah kamu setor, makin gede juga Stardust reward (dan PokeCoins) yang kamu dapat (Selama Pokemon kamu belum dikalahin). Reward ini bisa kamu cek 20 jam sekali setiap harinya.

      Iya, gue tahu farming Stardust dan Pokemon Candy ini really takes a lot of time. That's why, penggunaan item kayak Incense dan Lure Module perlu banget dipake se-efektif mungkin.

      👍 Trainer Level Up and Experience Point

      Untuk naikin level Trainer, kamu harus dapetin banyak Experience Point seiring rajinnya berkegiatan. Sumber EXP tersebut bisa kamu dapetin dengan:

       
      Setiap kali Trainer naik level, biasanya bakalan dapet reward item tuh, berikut detailnya:


      Notice gak di daftar di atas, ada Pokeball yang jauh lebih bagus daripada yang versi normal, yaitu Great dan Ultra Balls. Untuk item yang satu ini, sementara emang gak ada di Shop. Rumornya, Master Balls pun akan segera rilis mungkin 2-5 bulan kedepan.



       👍 PokeStops

      Spot kubus biru yang bertebaran di map ini punya refill-interval setiap beberapa menit sekali, tempat di mana kamu bisa dapetin berbagai macam item yang penting untuk kelangsungan hidup.


      Cukup swipe/puter core-nya, ntar items nya juga brojol sendiri. Umumnya berisi:
      • Incense: Berguna untuk memancing Pokemon ke area di mana kamu berada.
      • Lucky Egg: Begitu diaktifkan, double EXP selama 30 menit
      • Egg Incubator: Alat untuk menetaskan Pokemon Egg,. Satu inkubator hanya bisa dipakai untuk satu telur.
      • Lure Module: Most favorite item. Lure Module hanya bisa diaktifkan di PokeStop, fungsinya tentu untuk mancing Pokemon ke arah PokeStop kamu. Sekali kamu liat ada PokeStop dengan Lure Module aktif (Cirinya animasi PokeStop banyak kertas kado meriah beterbangan), jangan sia-siakan kesempatan untuk segera nebeng hunting di sana :)
      Inget ya, PokeStop yang sama bisa dikunjungi berulang kali (refill setelah sekian menit), dan yang terpenting, semua item ini GRATIS.

      👍 Pokemon Eggs

      Pokemon Eggs bisa kamu dapetin di PokeStops secara random. Cara netasinnya, cukup jalan-jalan aja sesuai dengan jarak tempuh yang tercantum. 


      Jarak tempuh dari Pokemon Eggs yang kamu dapet di Pokestop pun beragam, ada yang 2.0km/5.0/10.0km, makin jauh jaraknya, makin bagus Pokemonnya.


      Inget, server hanya bisa membaca jarak tempuh dalam walking-speed atau bersepeda. Kalo kamu naik mobil atau bahkan ngebut di jalan tol, sayangnya gak akan terbaca.

      👍 The Battles & Gyms

      Ngejar level Trainer sampai di level 5, adalah objektif pertama kamu. Biar cepet level-up, ya rajin-rajin aja nangkepin Pokemon dan berkunjung ke banyak PokeStops.

      Level 5 already? Nah, kamu disuruh milih team nih. Berhubung deskripsi dari masing-masing team sama sekali gak membantu. So, here's the breakdown:


      Masing-masing tim sebenernya representasi dari tiga Pokemon burung legendaris yang kita tahu mereka adalah Zapdos (Team Instinct, spesialis hatching eggs, kalo kamu suka ngumpulin Pokemon), Articuno (Team Mystic, berfokus pada evolving Pokemon, katanya punya higher rate Pokemon candy/stardust point) dan Moltres (Team Valor, berfokus pada Pokemon Battling, higher dodge-rate dan CP).

      Masing-masing warna di Gym mewakili tim mana yang lagi mendominasi (merah, kuning, atau biru). Gym berwarna abu-abu, berarti Gym tersebut masih kosong alias belom berpenghuni.

      Kamu akan jadi Leader suatu Gym (sekaligus akan muncul terakhir saat battle) secara default, jika salah satu Pokemon kamu punya CP paling tinggi di antara lainnya.

      Cara Merebut Gym

      👍 Prestige Level

      Setiap Gym punya yang namanya "Prestige Level (PL)". Makin sering Gym tersebut menang terhadap lawan, makin gede dan naik Prestige Level-nya. Kalo ada Trainer lain visit dan ngalahin Leader di Gym tersebut, maka Prestige Level-nya pun berkurang.

      5270/8000  - Indikasi Prestige Levelnya
      Kalo akhirnya Prestige Level tersebut 0, sang Leader Gym tersebut akan di-force-kick, diganti Leader baru yang memiliki Pokemon dengan CP paling gede secara default.

      👍 Gym Level

      Selain Prestige Level, Gym juga punya "Gym Level" tersendiri. Makin gede levelnya, jumlah Pokemon yang bisa disetor akan makin banyak (artinya panen Stardust dan Daily Bonus makin banyak). Makin banyak Pokemon yang disetor, artinya Gym tersebut makin susah juga buat di-takeover.

      "Gym level 2" - Indikasi Gym Level
      Katanya, ada cara biar level suatu Gym cepet naik, yaitu:

      1. Sering-sering latian di Gym yang kamu taklukkin (otomatis kan jadi Gym kamu) dan latian di Gym sesuai home-team kamu di tempat yang berbeda.

      2. Gym tersebut sering banget menang lawan tim lain, khususnya menang lawan leader dari Gym yang bersangkutan.

      Artinya, jumlah gym yang didominasi tim kamu menentukan seberapa cepet Gym kamu turun/naik ranking.

      Gym Battles

      Setiap battle, kamu bisa membawa sedikitnya enam Pokemon.

      Untuk basic attack, tinggal tap aja ke Pokemon lawan. Inget ya, ini bukan turn-based. Swipe kiri/kanan untuk dodge/menghindar.

      Buat second/special attack, coba deh perhatiin special bar di atas. Begitu terisi penuh, second attack akan keluar dengan sendirinya. Please note kalo setiap Pokemon punya jumlah bar/charge yang berbeda-beda.

      Rumornya, Niantic bakalan ganti battling-modenya jadi turn-based dan real-time battle kedepannya. Jadi yah, tunggu aja :)

      👍 Did you know that Pokemon GO doesn't running in background?

      Gue udah dapet 9 Pokemon eggs dari tiga hari kemaren tapi gak satu pun yang masuk inkubator akhirnya netas :))

      Rupanya, game ini gak running-in-background saat kamu nge-sleep hape atau buka task baru. Jadi, harus bener-bener dipantengin dulu sampe distance-meternya jalan :)

      👍 Don't waste your potions, evolve instead!

      Dengan evolve, setiap pokemon yang wasted alias K.O saat bertarung, bisa kembali bugar 100%. Lumayan kan daripada buang-buang yellow potions? Modalnya satu: sabar.

      source
      👍 Berdiri di tempat, bisa tetep dapet Pokemon 

      Ini gue test saat turun dari lantai tiga terus ke bawah, nemu dong satu Pokemon. Lalu gue balik lagi ke atas, turun lagi dan dapet lagi Pokemon yang berbeda tapi di tempat yang sama.

      source
      Setelah cari penjelasannya, ini karena setiap Pokemon yang ada di satu daerah itu randomly-generated dari kombinasi "loncatan" data yang ada di Niantic Servers dan Google Map servers, setiap sekian interval. Membuat jeda penerimaan/respon data di masing-masing server butuh waktu hanya untuk sekedar "load-in" kembali.

      Which is? a s i k b a n g e t d o n g b r o


      Frequently Asked Questions (F.A.Q)


      👍   Downloadnya buat versi Android-nya di mana sih?
      1. Versi "Bocor" di apkmirror.com
      2. Via Playstore di play.google.com

      👍   Gimana cara download Pokemon Go buat iOS?
      Nah, kalo download buat iOS selengkapnya langsung aja ngacir ke:
      1. duniaku.net
      2. jalantikus.com

      👍   Pertama kali main dapet Pokemon/starter nggak?

      Short answer: Dapet dong, pilih salah satu antara Squirtle, Charmander, dan Bulbasaur
      Long Answer: Tahu gak kalo kamu bisa dapetin Pikachu sebagai Pokemon Starter ke-4? Agak tricky sih. Jadi pas kamu ditawarin mau milih Squirtle, Charmander, atau Bulbasaur, jangan pilih apa pun.


      Terus aja jalan menjauh sampe kamu ditawarin berulang-ulang dengan tiga starter Pokemon tadi. Nah, eventually, capek juga tuh dia nawarin kamu, terus muncul deh Pikachu, anggota tambahan yang bisa kamu pilih sebagai starter.

      👍   Apa ada cara terbaik untuk naikin CP Pokemon?

      Secara dasar, ada dua cara:

      Evolution -  Evolusi membutuhkan Candy dari Pokemon yang bersangkutan biar bisa berevolusi. Setelah evolusi, akan membuka skill baru dan HP si Pokemon pun juga bertambah.

      Power Up - Buat Power Up Pokemon, kamu butuh (banyak Stardust) dan Candy. Kalo masalah Candy tadi masing-masing Pokemon beda, sialnya Stardust ini berlaku total keseluruhan.
      • Pokemon liar dari jenis yang sama tuh bisa aja punya CP awal beda-beda, karena Pokemon yang ditangkap bergantung sama level Trainernya. Makin tinggi level Trainer, makin gede CP Pokemon yang akan ditangkap.
      • Tiap kali kamu naik level, CP tiap Pokemon yang dimiliki juga akan meningkat.
      • Pokemon yang dibesarkan melalui evolusi relatif punya start-CP LEBIH BESAR daripada wild Pokemon yang dibesarkan melalui power-up (apalagi jika base CP-nya emang kecil). Contoh: Rattata CP 150, berevolusi menjadi Ratticate, CP bisa naik hingga ke range 350-450. Sementara Ratticate dengan CP 250, akan kepayahan mengejar range 350-450 hanya dengan mengandalkan Power-up.
      • Itu lah kenapa banyak yang ngebela-belain naikin level Trainer terlebih dahulu dan berusaha hunting/seleksi Pokemon liar dengan base CP yang dirasa paling gede di antara lainnya. Karena Power-up sangat makan waktu dan juga banyak Stardust.
      👍  Gimana sih cara nangkep Pokemon biar dapet yang CP gede?
      Makin tinggi level Trainer kamu, makin gede CP Pokemon yang akan kamu temui. Jadi, emang harus rajin-rajin levelling ya. Tapi biasanya kamu juga bisa dapet Pokemon ber-CP gede dari netasin telur, yang distancenya 5-10 km.

      👍  Untuk spawn-location Pokemon di Indonesia itu udah ada fixed-listnya belum?

      Sebenernya masih on-progress berhubung game-nya sendiri belom rilis resmi, karena masih ada kemungkinan gak semua Pokemon lengkap ada di masing-masing satu negara but it's not confirmed yet.

      Tapi kalo emang penasaran, sementara bisa cek tab likes twitter @caripokemon atau bisa liat infografik Spawning Pokemon Type dari RankedBoost.com berikut ini:


      👍   Gimana sih solusi ngebenerin 'GPS Signal Not Found' dan 'Failed to detect location' error?

      Sebenernya tinggal ganti settingan "Location" di hape kamu ke "High Accuracy", tapi selengkapnya kamu cek aja ke sini.

      👍   Gimana cara menang di Gym-Battle? Terus, kalo udah menang kenapa?

      Selain dodge dan attack, sebenernya ada resources lain yang harus kamu pahami saat Gym-Battle, yaitu memahami tipe/elemen Pokemon yang kamu bawa dan yang akan dilawan. Biar mempermudah, coba simak Pokemon Type Chart berikut:

      http://pokemondb.net/type
      Saat kamu mengalahkan Trainer lawan, overall point dari Prestige Levelnya akan turun. Lalu, jika kamu ngalahin semua Trainer yang ada di Gym tersebut, Prestige Levelnya akan berkurang 2000. Begitu poinnya sampe di angka 0, you're free to take-over that Gym. 

      Jangan khawatir kalo Pokemon kamu kalah saat Gym Battle, mereka gak akan hilang karena bisa kamu revive/heal setelah selesai battle.


      👍   Gimana cara claim sebuah Gym?

      Kalo kamu berencana untuk take-over/claim sebuah Gym tim lawan, kamu harus pilih satu Pokemon untuk tinggal di Gym tersebut. Tapi siapa sih yang mau ngerelain Pokemon terbaik mereka?

      Meski rasanya sayang banget, dengan merelakan Pokemon terbaik kamu, Gym akan makin susah buat ditake-over, mengingat Gym tersebut dulunya pernah kamu taklukkan secara susah payah. Gak mau kan malu-maluin tim sendiri? Hehehe

      Setelah berhasil nge-claim Gym, kamu akan menerima daily bonus (bisa cek via shop, lalu klik logo bergambar perisai) atau defense reward untuk setiap Pokemon kamu yang belum terkalahkan di Gym tersebut.

      Rewardnya berupa EXP, Stardust, dan PokeCoins!

      👍   Bisa gak sih battle di Gym sendiri?
      Bisa dong! Setiap kali training dengan anggota tim sendiri, menang atau kalah tetep dapet EXP. Selain memperkuat masing-masing Pokemon, tim lawan jadi mikir-mikir lagi kan kalo Pokemon di Gym kamu makin hari tambah kuat?

      👍   Bisa gak sih ngadu Pokemon sama temen?
      Sayangnya buat sementara ini belom bisa :(

      👍   Emang bener ada cara/trik evolve Eevee biar hasil evolve-nya sesuai sama yang kita mau?

      Menurut Tim Pokemon Go, katanya sih udah tested dan berhasil. Jadi, kita tau kan Eevee punya tiga versi evolusi yakni Jolteon, Vaporeon, dan Flareon (kecuali Leafeon ya). Caranya, tinggal rename salah satu Eevee kamu sesuai nickname yang ada di gambar di bawah ini. Mudah-mudahan berhasil ya. Tapi inget, trik ini cuma bisa dilakukan SEKALI alias cuma satu Eevee yang bisa kamu beginiin.


      👍   Ada Pokemon yang backgroundnya (highlight) biru, ada juga yang nggak, artinya?
      Artinya, Pokemon ber-highlight biru adalah Pokemon yang baru kamu tangkep :)

      👍   Capek banget main ginian musti mantengin hape terus, gak ada solusi nih?
      Kalo kamu gak pengen main pake hape terus-menerus, Nintendo akan menjual Pokémon Go Plus. Perangkat jam tangan kecil ini terkoneksi dengan handphone melalui Bluetooth.


      Pokémon Go Plus ini akan ngasih tahu event in-game, kayak pas ada Pokémon terdekat, dengan getaran lampu LED. Harganya? Hmmmm katanya sih sekitaran 500K aja :D

      👍 Itu beneran Magikarp biar evolusi jadi Gyarados butuh 400 candy??? WTF?? 
      Because, Gyarados is a pretty cool Pokemon, that's why :)


      Well, that's pretty much of it.

      Untuk kamu yang pengen stay-updated sama lokasi-lokasi misterius hunting Pokemon, bisa langsung cek dan follow akun Twitter @caripokemon. Semoga useful, dan kalo masih ada yang kurang mohon koreksi dan boleh sumbang masukannya di kolom comment ya :)

      [Pret's-pektif] 
      "Apakah Pokemon GO akan menuai penolakan dari Pokemon Pangkalan??"



      Most of picture were taken from:
      tumblr.com

      Also thanks to:
      Pokemon Walkthrough

      43 comments:

      1. thankyou :D akhirnya tau juga dapet egg darimana hahahaha

        ReplyDelete
      2. Jadi pokemon yg kalah battle bisa balik lagi ya dan gak hilang?

        ReplyDelete
        Replies
        1. Pokemon yang udah kalah (0 HP) gak bakal kemana-mana kok, tapi harus di revive dulu pake yellow potion, baru deh di-heal pake potion biasa biar bisa dipake lagi di next battle :D

          Delete
      3. bro, tau nggak artinya latar warna biru di belakang pokemon kita (yang ada di menu pokemon, ex: coba liat doduo, horsea,sama magikarp punya lo)
        gue penasaran aja sih kenapa beda, karena gw ada pokemon yang sama tapi salah satunya punya latar warna biru

        ReplyDelete
        Replies
        1. Pokemon berlatar biru artinya 'Recent Pokemon' atau Pokemon yang baru kamu tangkep :D

          Delete
      4. Cita-Cita gw dari dulu mau jadi Team Rocket

        ReplyDelete
      5. Cita-cita gw mau jadi Team Rocket tapi ga ada pilihanya. :(

        ReplyDelete
        Replies
        1. Coba deh jadi tim Soneta, gue yakin slotnya gak cuman dua orang tuh :)

          Delete
      6. Lengkap banget ulasannya, keren. lagi ngetren ya ini, doh emak2 donlot ga ya

        ReplyDelete
        Replies
        1. Makasih kaka, iya nih baru semingguan masih anget banget. Ah kayaknya mah segala usia juga boleh nyobain kok :D

          Delete
      7. cara dapetin snorlax gimana ya, temen. saya udh dapet dan saya malah enggak

        ReplyDelete
        Replies
        1. Ya belum beruntung aja itu mah, coba kunjungi spot-spot yang 'dicurigai' ada Snorlax di sana. Keep trying ya :D

          Delete
      8. Thanks banget guide-nya. Sangat membanty 👍

        ReplyDelete
      9. Om.. daftar nearby pokemon ane kok g efisien ya.. trus meski pokemon udah nongol tp yg di daftar nearby pokemonnya tetep aja masih 3 jejak kaki...

        ReplyDelete
        Replies
        1. Mungkin koneksi kita (atau bahkan Indonesia) belom cukup cepet buat ngimbangi loncatan data antara server Niantic & server Google Maps, bro.

          Makanya suka telat-telat dan kurang presisi, tentunya jadi gak efisien kan :D

          Delete
        2. O... gitu ya om... makasih ya om penjelasannya...

          Delete
      10. This comment has been removed by the author.

        ReplyDelete
        Replies
        1. "CP awal pokemon yang kita evolusi berpengaruh ngak sma cp sesudah evolusi??"

          Pastinya pengaruh kak, kalo base CP Pokemonnya gede, sehabis dievolve juga pasti berlipat ganda :D

          Delete
      11. tentang yang ini gan:
        "Ada Pokemon yang backgroundnya (highlight) biru, ada juga yang nggak, artinya?
        Artinya, Pokemon ber-highlight biru adalah Pokemon yang baru kamu tangkep :)"

        Kayaknya agak salah dh gan, soalnya kalo di power up itu butuh stardust yang tinggi :) ane sampaiu saat ini jg msh blm tau apa maksudnya hehe

        ReplyDelete
      12. bro, tolong bantu kali lah. gue uda keliling nyari2 pokemon. tapi gk ada yg muncul satu pun.. sampai saat ini pokemon gue msih cma satu, itupun krn bawaan awal maen. -_-"
        bsa kasih tau gk gmn tandanya klo disekitar kita ada pokemon.??

        ReplyDelete
        Replies
        1. Gak ada masalah "GPS not found" kan?

          Kalo gak ada, kemungkinan daerahmu gak masuk di database server Niantic. Jadi bisa coba ke luar kota atau main ke daerah perkotaan yang agak jauh buat ngetes.

          Kalo cara biar tau ada pokemon atau nggak, itu gak bisa karena semuanya random.

          Delete
        2. iyasih denger2 di medan belom bsa main pokemon.. hanya beberapa wilayah sja yg ada pokemonnya. hiks..
          berarti nunggu dirilis resmi lah ini yah gan? ngomong2 agan tau gk kpn pokemon dirilis resmi??

          Delete
        3. iyasih denger2 di medan belom bsa main pokemon.. hanya beberapa wilayah sja yg ada pokemonnya. hiks..
          berarti nunggu dirilis resmi lah ini yah gan? ngomong2 agan tau gk kpn pokemon dirilis resmi??

          Delete
        4. iyasih denger2 di medan belom bsa main pokemon.. hanya beberapa wilayah sja yg ada pokemonnya. hiks..
          berarti nunggu dirilis resmi lah ini yah gan? ngomong2 agan tau gk kpn pokemon dirilis resmi??

          Delete
        5. Rilis resmi Pokemon sih udah santer infonya, tapi masih sekedar rumor aja. Sabar yah.

          Delete
      13. gue gak main pokemon go, biasanya gue main cewek atau gak main gila atau gak main serong.

        thug life.

        ReplyDelete
        Replies
        1. bro hati2 lo "main cewek". karna cewek bkn alat yg bsa lo permainkan.

          thug life

          Delete
        2. bro hati2 lo "main cewek". karna cewek bkn alat yg bsa lo permainkan.

          thug life

          Delete
      14. Oiya mas, itu dibawah pokemon biasanya ada angka2 sama tulisan gitu. Tapi kok di pokemon yg sama, tulisannya bisa beda yaa? itu gimana? ;(

        ReplyDelete
        Replies
        1. Kayaknya semakin berat, akan semakin besar cp nya.

          Delete
      15. lengkap sekali gan, thanks sudah share...
        solder listrik

        ReplyDelete