Surat untuk LINE Let's Get Rich

1 comment

Eh, ini bukan surat cinta atau curhat gimana-gimana. In fact, I love this game, tapi semenjak banyak pendant dan kartu-kartu yang 'beyond logic', balancingnya kok serasa kurang diperhatikan gitu hiks.

Let's Get Rich (LGR) ini mungkin jadi salah satu game yang selalu gue buka setiap hari, selain Clash dan Kingdom Rush. Otomatis, kalo ada unek-unek dikit aja, kok rasanya ganjel banget ya.

Wah, kita sehobi juga nih? Jangan-jangan unek-unek kamu juga sama lagi? So, here you go.

1. CONGRETURATIONS?!

Did you ever notice that after winning a round and choosing prize, it says "CONGRETURATIONS" instead of "Congratulations"? 

Mungkin cuma salah spelling aja sih, but every single details does always count. Dan ini udah dari semenjak rilis versi LGR pertama nggak berubah juga spellingnya, kami merasa terkongratulasi :(


Karena gue percaya game LGR adalah game berkelas dan bisa lebih berkelas.


2. Terjemahan campur aduk

Kenapa LGR versi bahasa Indonesia campur aduk banget bahasanya sama English? Do you lack of translator or what? Mendingan, dibikin fix aja, English and Thai only.

Karena ada beberapa terjemahan yang bakalan lebih keren dan ringkas kalo pake English. Atau bisa juga, di beberapa section khusus wajib pake English. Contohnya, di bagian deskripsi pendant/kartu. Kadang salah satu ejaan aja bisa salah interpretasi.

3. Iklan-iklan saat battle tidak menarik dan mengganggu.

Tahu nggak sih, pop-up iklan/running text yang ada di bagian atas itu ganggu banget jika muncul saat lagi asik-asiknya main? Gimana kalo diubah hanya muncul pas sedang di lobby aja? Karena no one will even read it while playing.

4. Background Music

Faktor krusial yang bikin game jadi memorable adalah Background Music-nya. Meski nggak bisa dibandingin sama game sekelas FF dan Suikoden, tapi kita tahu satu hal yang pasti; bahwa game ber-gameplay jelek pun berpotensi sangat memorable hanya karena BGM-nya bagus-bagus, and your BGM is really boring. So, please add more BGM!

Tapi FYI aja nih, gue suka banget lho sama BGM lobby yang waktu itu musiknya JKT48/Melody dan cuma ada dentingan piano gitu. Sounds really fun and relaxing, and less boring of course. Mengingat tension yang terjadi ketika gamer kalah itu lumayan bikin stress juga lho :)

5. Tema keseluruhan yang membingungkan

I'm talking about ambience.

Sebenernya tema-tema karakter game ini mau dibawa ke mana ya? Ada karakter beruang, kelinci (since it's LINE, that's okay), cewek-cowok mirip barbie yang lucu, terus mulai aneh-aneh nih ada yang mirip siluman rubah (Chihiro), terus kemarin ada Zeus/Athena, Judge Bao (kalo nggak salah ada serialnya di RCTI dulu, sebelum keluarga Cemara), Guan Yu dan Diao Chan (Yang main Dynasty Warrior pasti paham), sampe member JKT48 pun terkintil-kintil juga.

Aku seperti tersesat.


7. A couple feed about balancing

Ini agak teknis sih, tapi gue punya sedikit masukan soal balancing di game ini. Cerita dikit yah.

Gue udah mulai main Get Rich semenjak jaman Edward, Tricia dan CoCo jadi kartu paling diidam-idamkan dulu. Sekarang kalo suruh nyebutin kartu apa yang bagus, buset banyak amat dah. Mungkin jumlahnya hampir sama kayak udah berapa kali kalah maen ABC-lima dasar tapi soal nama eyang masing-masing.

What's ur point guys?

Hal ini membuat hampir semua pemain lama dan baru jadi punya pendant rare dalam rentang jam terbang main yang berbeda. Kasian dong pemain lama, yang dulu belom mengalami "perombakan sistem" ini sempet susah payah ngedapetin pendant/kartu bagus, tentu karena jam main mereka juga tinggi. Sementara sekarang, pemain baru dua hari, mungkin aja bisa dapet pendant kelas super-rare.

Oh, come on guys.

My feedback is, please stop ngeluarin karakter/pendant baru yang efeknya similiar cuma karena ada hari libur atau event tanggal merah khusus.

Now, we're talking about pendant-enhancement.

Itu seriusan pendant kelas S+ setelah level 5 cuma bisa enhance pake pendant kelas yang sama? Really pain in the ass. Siapa sih yang mau ngorbanin pendant S+ yang ngedapetinnya kadang gampang kadang susahnya amit-amit? Bahkan pendant S+ paling nggak berguna sekalipun masih rela disimpan buat koleksi semata.

Ayo dong guys, kenapa nggak makin diturunin aja persentase suksesnya tapi tetap bisa enhance pake pendant kelas apapun?

Sigh.

Sekarang gue mau berunek-unek soal pendant-effect.

Banyak banget effect2 pendant yang tumpang tindih karena efeknya persis sama, seringkali cuma beda persentase aja. Efek-efek kayak dadu double, nambah marble awal, atau yang lagi marak, efek apapun yang ujungnya ke kotak Free Travel. Duh banyak banget hari ini yang dapet travel, pusing juga ngafalinnya :(

Ini gue cuma pendapat subjektif aja kok. Tapi beberapa waktu lalu, gue sempet berimajinasi seumpama kalo gue bisa bikin pendant sendiri, efeknya bakal kayak apa aja sih?

Ini contoh ngasal aja ya:

1. Sniper Umbrella, punya chance untuk nyobek-nyobek Angel Card lawan. Yang berarti, bisa dipake berulang-ulang selama game. Gimana kalo bikin pendant yang menganulir Angel Card lawan 70%, tapi hanya sekali?

2. Sering kepikiran, pendant yang ada saat ini, belom ada lho yang bisa utak-utik sesuatu yang ada di in-game-board. Misal nih,

  • Bikin lawan nggak memperoleh gaji setiap kali lewat start selama beberapa turn. Mengingat banyak banget pendant yang nambah starting marble 10M lho. Sounds challenging?
  • Pendant yang bikin kamu "Win immediately" setelah masuk penjara lima kali berturut-turut? Karena masuk penjara terus selama lima kali dan harus mengejar ketinggalan lumayan bikin nyesek lho. Oke, "win immediately" seems unfair. Gimana kalo 18% chance untuk pergi ke travel setelah masuk penjara? Deal?
  • Ini nih yang seru. Harusnya ada pendant yang membuat lawannya force-break Landmark. Yap, landmark! Dan sama sekali no-refund (karena bukan force-sell). Karena kalo ronde udah kelewat sengit tapi nggak ada color-completion lagi yang bisa diambil, wasting time banget! Apalagi kita nggak bisa withdraw/nyerah sebelum game selesai. Nangis darah deh :(

Beberapa hal yang udah gue jabarkan barusan, really bugging me for a couple weeks lately. Gue berharap ada "siapapun" gitu atau malah pihak developer LGR-nya sekalian yang menyimak kegundahan gue ini.

Gimana dengan kalian? Punya masukan lain? Silakan tulis di comment box ya!

1 comment: