Typo, Salah Ketik Atau Salah Mikir?

8 comments


Typo apaan sih?

Typo, singkatan dari Typographical Error adalah istilah yang biasanya kita pake untuk mendefinisikan “kesalahan penulisan” atau “salah tulis”.
 

Typo jadi penting buat dihindari semenjak populernya HP touchscreen. Apalagi dengan maraknya social media dan meningkatnya skill mengetik anak-anak jaman sekarang, nggak jarang mereka salah ketik ke ortu mereka atau pun ke orang penting lainnya, karena perbedaan satu huruf dalam satu kata bisa membuat perbedaan makna.

Yang jelas, Typo bisa terjadi karena dua alesan: salah KETIK,dan salah MIKIR.


Berikut adalah contoh-contoh typo gawat yang udah gak ketolong lagi :

@ahsyauqimah: "Bang, jembut aku! Kebakaran disini!" ― Bocah SD SMS abangnya minta dijemput karena sekolahnya kebakaran.

@iamfiras: gw pernah ngetwit "Kakek nenen di angkot..." maksud gw "Kakek nenek... " Dan hebohlah di mention gw.

@erinwij: di tol tangerang, ada mall namanya "serpong town square" suatu ketika, lampu di huruf R nya mati... 

Dulu ada cewek ngamuk-ngamuk ke @rahneputri dan mention gini: "HEY YOU BEACH!" =))))

@Novandria: Temen gue lagi di Tuban, diajak ketemuan balas smsnya "Duhh Nov, gue lagi ditiban nih :'( "

@irielparmato: pernah nulis email ke klien, harusnya cosplay community, gue nulisnya: Foreplay Community.

@benakribo: ntar ngumpulnya pas berak ya!!!! #break

@anonymus    "Lagi di mana?" "Lagi di Sepong, nih." "....." "KYAAA! MAKSUDNYA DI SEPONG!" "..." "SALAH LAGI!! :'(((" "ngakak gak kelar-kelar*

@YukaHimawan  mau muji "SALUT!!" ke temen tapi A-nya ketinggalan. jadi "SLUT!!" -_-

@riztarizta: gw pernah ngirim email pujian, mestinya 'its so amazing' dan gw nulisnya 'tits so amazing' *gali kubur*

@helgasrh: aMrazing punya temen namanya tere, waktu itu typo nama dia jd tete :)))

@pipis: dulu pernah temen salah nulis headline: "...Acara Penis SMU" | Sempat dicetak brp ratus eks. :))

@febbyemby: pernah cewek gue bilang gini "ah kamu mah suka bokong", padahal maksudnya bohong. :(

@imandita: "ternyata anal kamu lucu yah" -- sebuah komen gue di poto FB seorang teman yg bergambar dia bersama anaknya yg balita

@tommyhrp: sms tmen, mau ngetik "gue lg di acara amal berjamaah" karna huruf N dan M deket...

@raristi: ngucapin 'have a blast birthday!' Tapi 'b'nya ketinggalan.. (=,=")

@chroniclea3: gw kalo nulis e-mail ke klien suka takut keceletot nulis consultation jd conslutation atau result jd reslut (-___-)

@fuadelarocha:  pernah sms temen cewek "yuk ah, cabut" tapi yang kekirim malah "yuk ah, cabul".

@arioadimas: temen gue disms cewe alim: "sepertinya kita pernah saling menganal (maksudnya Mengenal)"  (-__-)  e dan a kan ngga dempet..

@TaufiqWildn: bales sms nyokap "lagi nenenin pacar ma" -__- #M

@wawnda: di bogor lagi banyak tukang tutut. tips aja ya, PELAN2 NGETIKNYA! "U" sampingnya "I"

@chawrelia: Kerja di Tiket itu rawan typo, ada partner dengan followers 30K, ngetwit "bisa dibeli di (at)TOKET"   X))

@oriiind:   pernah sms temen janjian abis duhur typo jadi abis dubur (-.-)

@dila_bonita: pernah dpt BBM dr Bude yg minta jemput tp yg ada malah "Jembut bude donk"

@kevvinpratama: biasanya org yg pake sundaan yg ngelukuin gini. "Awewe" jadi ada spasinya "aw ewe"

@adhari: niatnya sih bilang "lagi voli bareng ama temen" tapi V ama C nya sebelahan .__.

@aMrazing :  Itilia.. Mekitawati? RT @rebornsin: waktu SD nulis "Italia" malah jadi "Itilia". Dimarahin. Habis2an. :|

@paraspatheo:   dulu sms ke nyokap mau jawab ''udah tau'' jadi ''udah tai'' gara2 U deketan sama I :(     *diomelin abis2an*

@septaz: gw pernah typo 'mau mandi dulu' jd 'mau mani dulu' ke kecengan #typofatal -,-

@ikanatassa: bikin slide presentasi, harusnya penetrasi pasar keketiknya penetrasi pacar

@melidaseptiani: SMS temen “cepet sembuh yaa buat nenek kamu” tapi karena 'N' dan 'M' sebelahan jadi isi SMSnya.. Ya sudahlah! :(

@pemirsa: gw pernah dapet chat wasap "Turut bersuka cita ya" waktu kakek gw meninggal. Nasib huruf 'S' dan 'D' tetanggaan.

@6To1_Amalia: typo nggilani dari temen. Nama gue AMALIA, dia ketik ANALIA. Waddezig!

@adhari: pas lagi marah huruf gede semua, mau nulis "AKU", malah "AKYU" yg ada ngga jadi marah (._. )

@frzlt: tetep typo fatal itu mau nulis "wish you were here" jadi "wish you were her". :"> #SEPIIIKKKKK

@ranggalev: typo fatal tuh pas mau ngegombal "kau bintangku" malah jadi "kau binatangku" :'(

@DanielArfian: typo gara2 letak tombol "R" sama "T" sebelahan. Waktu itu janjian sama nasabah mau bilang "jam 1 kurang"..

@wiekaoviany: saya ketika seminar salah ketik kata "kontrol" dan terpampang di layar tanpa sadar *muka polos*

Thanks to @aMrazing for the typo gawat list :)

8 comments: