Arti Lampu di Dada Ultraman

2 comments

Sebagai pemerhati dunia Ultraman sejak tahun 90'an dahulu kala, Ultraman emang mengalami perubahan yang signifikan sih.

Gak seperti Ultraman periode awal yang pakaiannya Indonesia banget karena cuma ada merah-putih/merah abu-abu doang, atau ketika monsternya sekarat, mereka ngeluarin jurus andalan mereka yakni nyilangin siku lalu film bubar. 
Sekarang, Ultraman modern bisa berubah ke dua mode warna,yaitu warna merah dan biru ke-ungu-unguan.

Contohlah Ultraman Tiga dan Dyna. Dan serunya lagi, jurus finishing mereka udah nggak nyilangin siku lagi, tapi nyilangin kaki, karena lagi nunggu khotbah Jum'atan selesai.


Yah walaupun sekeren itu, tetep aja gue belom pernah liat kapan monsternya bangkit berdiri setelah abis jatoh. 

Iya lho. Pada merhatiin nggak?

Ketika si monster di tonjok sama Ultraman, dia pasti jatoh tersungkur, tapi gak pernah ketauan gimana caranya dia bangkit berdiri lagi.  Pasti kamera langsung di-skip ke ganti kuda-kudanya Ultraman. Dan ketika kameranya udah balik lagi ke monsternya, MONSTERNYA UDAH BERDIRI LAGI! WTF!

Trus, ketika udah bubaran, si Ultraman pasti terbang lurus ke arah langit entah kemana. Tapi nongol-nongol udah dirumah lagi. Gue semakin yakin kalo bumi itu bulat.

Yang gak masuk akal lagi, setiap Ultraman berantem, pasti dia ngancurin gedung atau perumahan penduduk. TAPI GAK ADA SATUPUN PENDUDUK YANG PROTES KALO RUMAHNYA DIANCURIN ULTRAMAN. Yah paling nggak demo atau manggil aparat negara gitu lah. Satpam kan deket.

Sampe-sampe gue wondering, kalo Ultraman dulu berubah pake sejenis lamp-stick, mungkin sekarang berubahnya pake iPad.

Etapi tetep ada satu teknologi dari Ultraman yang selalu bikin gue penasaran, yaitu LED INDICATOR yang tertanam di setiap dada Ultraman.

Karena setiap lampu itu kedip-kedip, selalu jadi misteri yang tak kunjung terpecahkan. Abis gak tahu apa maksudnya si lampu kedip-kedip gatel itu.

Dan karena udah gak tahan lagi, berikut hasil penelusurannya:

1. Suka ada tuh adegan Ultraman yang kabur-kaburan karena indikatornya udah nyala merah, bukan karena mau mancing monsternya, tapi lobet, lupa ngecas atau powerbanknya ketinggalan.

2. Ketika ada satu adegan Ultraman baru berubah, tapi dia langsung tertunduk lesu gak berdaya. Bukan karena waktu berubahnya yang kurang tepat, tapi karena dia laper.

3. Ada yang bilang juga, kalo kedap-kedip itu artinya Ultraman udah disuruh pulang ama emaknya, suruh belajar, maen mulu ama monster, makanya gak naek-naek kelas. Liat aja seragamnya, merah putih terus kayak bocah SD, trus besoknya ganti lagi jadi biru-putih kayak anak SMP, ada juga yang merah-biru-putih. Kayaknya Ultraman tuh anak elit, sekolahnya di swasta.

4. Kalo udah mulai kedap-kedip, mungkin dia mau belok.

5. Ultraman pasti punya facebook, jadi kalo kedap-kedip, berarti billingnya mau abis. Gak percaya? Nih ada pagenya : Fanpage Ultraman

6. Atau mungkin, kalo kedap-kedip, dapet notif BBM gitu dari temennya.

7. Ultraman kalo indikatornya kedap-kedip, dia lagi deg-degan. Semua orang pasti pernah galau, Ultraman pun.

8. Kalo sinyal indikator Ultraman mulai kedip-kedip, itu tandanya filmnya mau selesai, dan monsternya mau kalah.

Oke, cukup becandaannya.

Versi Yang Sebenarnya

Ternyatah! 

Maksud kedap-kedipnya indikator tersebut adalah, sebagai penanda energi. Kalo cahayanya merah, maka kekuatan Ultraman bertambah, tapi kecepatannya berkurang. Tapi kalo cahayannya biru, kecepatannya nambah, tapi kekuatannya semakin ngurang. Kalo cahayanya ijo? Ya buruan jalaaannn!

2 comments:

  1. Ngebayangin Ultraman dapet notifikasi fesbuk atau BBM di sela-sela perang sama monster :))

    You wrote a very great writing, Bans! :)

    ReplyDelete