Kenapa Indonesia Sering Latah?

12 comments

Setalah rilisnya serial Tokusatsu terbaru milik Indonesia "Bima Satria Garuda" di RCTI, mungkin yah, kita bisa sedikit berlega hati. Karena akhirnya ada tontonan yang lebih layak buat anak-anak ketimbang sinetron dengan tema-tema percintaan yang terlalu dini.

Tapi kaks, coba pikir deh. 

Kenapa Indonesia selalu "maksa" buat mengadaptasi sesuatu dari luar? Bukannya lebih baik ya kalo manfaatin kelumrahan dari apa adanya Indonesia? 

Maksudnya, gue pengen kita-kita dan mereka-mereka itu berkomentar "Ah, dasar Indonesia" dengan tanpa mencemooh dan meledek, tapi karena emang nrimo sambil tersenyum dan ketawa.

Perlu contoh?


1.Power Ranger.

Seandainya ada Power Ranger (dengan istilah dan nama lain pastinya) yang ASLI bikinan Indonesia pasti jauh lebih keren daripada niru ataupun meng-adaptasi. 

Gak perlu berlomba-lomba pake miniatur dan teknologi 3D serta animasi yang super canggih. Bikin aja apa adanya. Kayak bikin scene adegan berantem sama monster, tapi tiba-tiba tangan robotnya copot, dan mungkin dialognya bakal kayak gini:

Power Ranger 1 : ADUH SIAL TANGANNYA LEPAS!

Power Ranger 2 : MUNGKIN SEKRUPNYA KURANG KENCENG, MARI PERBAIKI SAMA-SAMA!

Di tengah situasi kritis pas lagi dihadang monster kayak gitu, pastinya bakalan seru karena itu INDONESIA BANGET! Yang artinya, yang nonton pasti juga ngerti kalo robot Indonesia memang MUNGKIN gak sebagus bikinan Power Ranger dari luar. Dan akhirnya, yang nonton pun cuma ketawa aja dan nerima apa adanya.

2.Bima Satria Garuda

Buat gue beneran tanggung banget konsepnya. Mereka pake nama BIMA yang which is adalah nama karakter Wayang di Indonesia, tapi mereka bungkus dengan kostum Tokusatsu Kamen Rider ala Jepang yang buat gue agak janggal.

Andai aja yang keluar beneran karakter BIMA lengkap dengan kuku pancanaka yang di modernisasi, pasti tastenya jadi beda.

3.SAILORMOON!

Pasti inget kan adegan saat Tuxedo Bertopeng nyamperin Sailormoon dan ngelempar sekuntum bunga mawar sebagai tanda datengnya dia di keadaan bahaya? Nah, daripada ngelempar mawar, kenapa gak ngelempar nasi goreng? Kan Indonesia banget tuh!

**

Gue pribadi, suka banget sama tayangan-tayangan dulu kayak Tuyul dan Mbak Yul, Saras 008, atau yang paling memorable, Gerhana.

Walaupun alurnya gampang ditebak, tapi tayangan model gitu tu sederhana banget, dan udah jarang ada di masa sekarang.
 
Yah, daripada niru-niru dan jadinya gak maksimal alias janggal, kenapa ngga dibuat aja plesetannya sekalian ? Lebih Indonesia Banget dan semua rakyat Indonesia pasti jauh lebih ngerti dan nerima, dan pastinya juga jauh lebih berkesan :)

12 comments:

  1. ane pernah liat animasi lokal (kayaknya di MN*TV), lanjut ga tuh. lumayan juga.

    ReplyDelete
  2. iyyyyaaaahhhhhh bener banget! zaman gua SD dulu ada SARA 008, PANJI, tuyul dan mbak yul. jinny oh jinny.. sampe ada bju kaosnya.. ada bindernya gitu. hihihi..
    sekarang mana ada ya.. ada juga sinetron cinta2an ga jelas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saras kalik kak :)

      Niat amat sampe ada bindernya gitu :p

      Delete
  3. ya gitu deh Indonesia... masih malu2 menunjukan keindonesiaannya... mungkin mereka tau, ga da yang bisa dibanggakan dari negara ini.. hahaha.... padahal amrik sama jepang sana, dalam bikin film atau animasi itu mengeksplor apa yang ada di negaranya.. ga malu tuh... buruk/jelek, yah tetep jadi bahan cerita... hahaha....di sini, ngebuka aib negara ini di internet aja, netizer udah ngamuk2.. hahaha... mendadak jadi inget video yang pernah dibikin seorang blogger... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Begitulah kak :(

      Eh, video apa emang? Kirimin linknya dong :|

      Delete
    2. http://www.youtube.com/watch?v=p_RL-nZGWVY

      maksudnya sih baik, tapi para netizer udah gak suka... -_-

      Delete
  4. sekarang makin kreatif namun gak indonesia banget...

    ReplyDelete
  5. gimana sama "tendangan si madun" atau "jagoan silat" yg tayang di emensitipi? pilem anak-anak yg menurut gue jalan cerita & efek animasinya maksa banget -_-.

    ReplyDelete