Rahasia Dibalik Whiplash

10 comments

Source

Whiplash, mungkin tetap jadi satu-satunya yang harus gue nobatkan sebagai film terbaik tahun kemarin.

Bukan karena dia abis menangin segudang awards, tapi karena kemistri dan aftertaste. Kalo Dinikopi bilang, film-orgasm :))

Contohlah film-film khas Marvel yang notabene selalu mendominasi tiap tahunnya, tapi kemistri tersebut justru nggak terasa seperti saat nonton Whiplash. Begitu film habis, yaaa gitu aja, ilang, tapi enggak di Whiplash. Gue sempet nggak mau liat video apapun lagi karena masih mau ngabisin orgasm, saking brilliannya si ending.

Tapi di post ini, bukan soal review kok. Mungkin kamu pingin tahu beberapa cerita yang ada dibaliknya.

Definisi dan arti Whiplash?

WHIPLASH, aslinya adalah nama dari salah satu jenis cedera yang menyerang bagian leher. Seringkali disebabkan oleh gerakan leher yang bergerak maju mundur secara tiba-tiba/simultan. Contoh, gerakan leher menghentak saat nabrak/kecelakaan dan headbang. 

Dalam konteks musik, cedera ini kayaknya memang jamak dialami oleh drummer. Contoh, Yoshiki Hayashi dari band X Japan. 

Di Whiplash, cedera ini mungkin nggak dibahas. Tapi scene ini terekspos saat Fletcher "memaksa" Neiman bermain dengan teknik double swing bertempo maksimal, Neiman terlihat susah payah hingga lehernya melengkung.

Obviously, bukan masalah cederanya yang dihighlight, tapi soal bekerja keras dan memperluas/menekan batas diri.

Kurang dana

Damien Chazelle sang sutradara, ternyata udah pernah bikin Whiplash versi pendek jauh sebelum versi panjangnya rilis. Tapi karena kurang dana, jadinya nggak bisa dilanjut deh. Tapi akhirnya si Whiplash pendek ini dikirim ke Sundance Film Festival 2013. Beruntung berkat screening-an di sana, Damien mendapatkan investor untuk mendanai filmnya jadi versi panjang.

Damien Chazelle
Di versi pendeknya, yang jadi Andrew Neiman bukan Miles Teller, melainkan Johny Simmons. Kamu bisa liat kalo Simmons emang nggak begitu cocok jadi Neiman daripada Teller :) Tapi yang jadi Fletcher, kayaknya nggak ada yang berani adu urat sama J.K Simmons. He is a great badass. Ngomongin dialog dan adegan, hampir semuanya sama persis.

The fact is, film pendek Whiplash ini baru aja gue download hari kemarin, eh sekarang udah di block YouTube karena bentrok dengan copyright Sony Pictures Entertainment. Mau nggak mau harus upload manual deh, monggo buat yang mau download.

Asal Usul Lagu

Dua lagu yang jadi gacoan dalam plot film ini berjudul Whiplash dan Caravan. Personally, lebih suka sama Caravan, ritmik drum sama bassnya assooy :))

Caravan
Caravan is a jazz standard composed by Juan Tizol and first performed by Duke Ellington in 1936. Irving Mills wrote seldom performed lyrics. Its exotic sound interested exotica musicians; Martin Denny, Arthur Lyman, and Gordon Jenkins all covered it. Woody Allen used the song in two of his films, Alice and Sweet and Lowdown.

Ada beberapa musisi lawas yang jadi plot dasar cerita, kayak Jo Jones, Buddy Rich, dan Charlie Parker. Ada yang kenal? Gue nggak satu pun, kecuali Buddy Rich. Gaya ngedrum super-jazzy gelok ala-ala masak mie ayam (traditional style) yang teradaptasi dengan baik oleh Miles Teller, aslinya populer berkat Buddy Rich. Oh, dan satu lagi, Charly Antolini.

Source
Banyak yang penasaran apakah Miles Teller beneran bisa ngedrum atau cuma ecek-ecek aja. Itu beneran kok. Miles Teller sendiri mengaku bahwa dia baru mulai belajar ngedrum otodidak saat umur 15 tahun, itu pun nggak main Jazz, melainkan lagu-lagunya Creed dan Puddle of Mudd. Interview selengkapnya bisa kamu ceki-ceki via acaranya Jimmy Fallon "Miles Teller is a Self-Taught Drummer"


Whiplash

Whiplash ditulis oleh Henry Jacob Levy (1927-2001) atau yang akrab disapa Hank Levy, seorang composer dan Saxophonist Amrik.

Hank Levy
Nggak banyak yang bisa dibahas dari Whiplash. Karena lagu tersebut memang diniatkan sebagai pendobrak minat aja, terus namanya dipake sebagai judul film, which is so brilliant. Belum lama ini, malah ada yang niat banget bikin parodinya film Whiplash. Memang baru trailer sih, tapi lumayan kok.

Nurut aku, film ini alurnya sangat straight-forward. Lengkap dengan beberapa bahasan hal teknis orkestra yang bikin film ini makin mengundang penasaran. Belum puas sama perspektif kamu? Kamu bisa cek video berikut tentang "The Darker Meaning of Whiplash". Jangan lupa cek komen-komennya juga :)

10 comments:

  1. Replies
    1. Film terbaik tahun 2014 sih menurut gue, belum nonton toh?

      Delete
  2. Agree at all!!!! Impressed bgt sama akting JK.Simmons (Oscars well deserved).
    Agak bingung endingnya,maksudnya fletcher apa ya blg ''i know it was you'' pas sblm tampil,trs malah bkin malu si neiman gt?? 😰😰�

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba ditonton sekali lagi, pasti langsung nangkep :D

      Delete
  3. Itu maksudnya Fletcher dari awal udah tau bahwa yang ngelaporin dia sampe di pecat jadi konduktor itu akibat ulahnya Neiman

    ReplyDelete
  4. Itu maksudnya Fletcher dari awal udah tau bahwa yang ngelaporin dia sampe di pecat jadi konduktor itu akibat ulahnya Neiman

    ReplyDelete
  5. Damn banget..
    Gw pikir pas di cafe jazz neiman n flet cher udah baikan..
    Terus ngomongin ttg idealis jazz..

    Eehh ternyata di tusuk dr belakang di stage...

    Makan ati bgt liat metode ngajarnya si fletch...

    ReplyDelete