"Kamu cuek apa gak pedulian?"

7 comments
Agak frontal sih emang.

Tapi berdasarkan pengamatan dan riset gue selama ini sih ya , terlalu banyak cewek-cewek dan cowok-cowok yang "berbangga diri" dengan men-cap dirinya cuek yang sebagian besar juga salah mengartikan definisi cuek itu sendiri . 

And it means , dia sendiri pun sebenernya juga masih tahap pencarian jati diri , tapi nggak mau ngaku.



Klasifikasi 

1. Apatis

Tipe yang paling ngeselin . Kebanyakan juga bermuka dua , dan jago akting . Gak pernah pedulian , lingkungan dan apapun yang terjadi sama keadaan sekitarnya. Selalu berprinsip kalo "Yang penting gue bener dan gak bikin salah apa-apa kok , dan gak ganggu orang juga" . Iya bener sih , tapi kan efeknya secara gak langsung neng . Jelek nya , selalu punya anggapan bahwa yang semua orang lakuin selalu jadi masalah aja buat dia .


2. Krisis Introspeksi

Pernah nggak kalian ngerasain?  Ketika tiba-tiba di satu situasi, dia di koreksi secara direct sama temen-temennya , doi bereaksi terlalu lebay , menganggap koreksian temennya tadi itu adalah sebuah "judgement" asal . Doi tersinggung , dan berdalih "Yang tau diri gue sendiri ya cuma gue sendiri" . Tapi ketika dirumah , doi mewek-mewek dengan bilang , "kok gak ada yang ngertiin gue sih ...." 

Ya iya lah , buka diri juga nggak , mana ada orang yang bisa ngerti . Giliran ada yang ngerti dan ngasih koreksi , malah dibilang judgement . Cape deh.

Dia tuh bingung sama dirinya sendiri , selalu minta orang lain ngertiin , tapi dia nggak pernah berasa kalo orang sekitarnya yang lebih ngerti dia selalu memberikan masukan koreksi demi kebaikan dia . 

Mungkin cara mereka menyampaikan koreksi nya gak sesuai sama yang lo arepin , makanya lo anggep itu adalah sebuah judgement .Tapi lo juga gak bisa dong mengharapkan mereka dan lingkungan bertindak dan bereaksi sesuai yang lo pengenin. Wow wow bukan gitu cara mainnya .

Bukan mereka yang harus fit-on ke kamu , kamu yang harus beradaptasi sama cara mereka, dan pastinya mereka juga punya alasan tepat atas reaksi koreksi mereka.


3. Cuek :)

Nah! Definisi cuek adalah , sikap yang gak peduli sama yang orang lain omongin soal dirinya  .Tapi artinya nggak se gamblang itu juga . 

Dia gak peduli kalo ada yang mengkritisi cara dia menjalani hidup , cara dia berpenampilan, ataupun dari cara dia yang gak lazim dalam nyikapin suatu masalah . Selama imbas ke dirinya positif dan gak ngasih efek negatif ke sekitar , kenapa harus dibikin susah?

" Ini hidup gue , jalan nya gue yang pilih , gue juga yang ambil resiko "

" Terserah gue dong , selama gue nyaman, nggak berefek negatif, dan nggak melanggar norma , masalah buat lo? "

" Ini baju gue yang pakek , beli juga pake duit gue sendiri, kok elo yang repot protes?"

'Hidup udah susah , ngapain juga mikirin orang? Diri sendiri aja belom bener."

Pasti sering denger wacana model diatas tadi . Mereka selalu punya percaya diri yang tinggi , mereka juga pastinya cukup dewasa buat membawa dirinya sendiri di lingkungan individu , mitra kerja , maupun hang-out bareng temen . 

Kebanyakan dari mereka punya visi yang straight dan terjamin , karena mereka jarang terbebani sama hiruk pikuk yang gak penting dan gak berguna buat perkembangan dirinya sendiri .

Karena cuek adalah self development, bukan ego-development.

So, kalian termasuk yang mana ? :)

7 comments:

  1. wah, sumpah ya. jarang bgt nemu blog isinya beginian. inspiratif sekali. paling suka sama kalimat "Karena cuek adalah self development, bukan ego-development." entah itu bahasa dari planet mana, tp gua tetep suka bacanya. hahaha.

    jadi pelanggan tetap blog situ ah. isinya mendidik, ga memihak di satu sisi doang. yg artikel Friendzone juga keren tuh.

    salut, sukses terus bang!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah haloo kakak :) , seneng baca komentarmu yang straight . Itu bahasa gue sendiri sih , bukan dari planet mana-mana hahahaha.

      Monggo kak di follow , kok nggak ninggalin link bloggernya ? Biar gue follow balik.

      Anyway , makasih banyak udah nyempetin baca :)

      Delete
  2. heu"...
    ini yang jadi pertanyaan saya, bner kata bro Arvianto, kalimat "Karena cuek adalah self development, bukan ego-development." emang menarik...
    thank's bro Afghan..

    ReplyDelete
  3. Saya juga cuek mas orangnya, karena kalau dengerin kata orang lain mulu malah jadi pusing dan belum tentu benar semua

    Kumpulan Artikel Kesehatan Yang Terbaik Untuk Anda

    ReplyDelete