"Resensi Singkat : Windows 8"

No Comments

DOR ! 


Kaget gak? 

Nggak ya, yaudah.

Kalian pasti udah pada tau dong ya soal rilisnya Windows 8 November 2012 kemaren? Nah, mumpung lagi anget-angetnya nih, berhubung gue juga baru aja nyobain instal ulang kemaren, gue mau sedikit me-resensi-kan  kayak apaan sih Windows 8 ini, dan juga gue bakal ngasih conclusion akhir soal windows 8 di akhir tulisan . Have a read :)


***
Oke, buat awalnya, spek dasar apa sih yang dibutuhin Windows 8 ?


REQUIREMENT


Processor: 1 gigahertz (GHz) or faster with support for PAE, NX, and SSE2

RAM: 1 gigabyte (GB) (32-bit) or 2 GB (64-bit)

Hard disk space: 16 GB (32-bit) or 20 GB (64-bit)

Graphics card: Microsoft DirectX 9 graphics device with WDDM drive


Bingung? 

Gini deh gampangnya, buat kalian yang sebelumnya udah pake Windows 7, gak perlu upgrade prosessor kok, yang penting punya RAM minim sekitar 1GB pasti udah bisa jalan dan kinerja mulus, tapi jangan harap bisa jalan di level high-end kalo spek PC mu sendiri emang pas-pasan.

Spek laptop gue sendiri juga masih terbilang minim, di cek sendiri ya :

Processor: AMD E-450 APU RADEON 1.6 GHZ

RAM: 2 gigabyte (GB) (32-bit)

Hard disk space: 500 GB

Graphics card: AMD RADEON HD 6320 with WDDM drive


 INTERFACE


Di Windows 8, yang kalian liat pertama kali adalah sebuah interface khas tablet yang mereka kasih nama "METRO USER INTERFACE". Fungsi dasar dan konsepnya sih sebagai "Instant Access" ato akses sekejap ke semua aplikasi yang kamu butuhin. Di Metro menu nya sendiri udah terbilang sangat lengkap, browser, social media, calendar, music, mail, dkk bisa kamu akses langsung tanpa harus mampir di desktop dulu, kalo pun kurang lengkap, kalian bisa download sendiri di Windows Store yang udah tersedia di situ. Kalian juga bisa update facebook dan twitter langsung dari Metro UI nya, tanpa harus buka mozilla dulu kayak biasanya.

Jadi intinya, kalo di Windows 8, kalian punya 2 "Menu Management", lewat Metro UI, dan desktop. Desktopnya sendiri juga nggak jauh beda sama windows 7 kok.

 

The Issues :


1. Windows 8 masih fragile.

Karena Windows 8 emang masih Beta, update masih nyusul-nyusul, dan juga adalah OS yang sebenernya belom jadi, tapi udah dilepas ke pasaran, tapi overall kinerja nya udah cukup bagus dan yang jelas RINGAN BANGET ! 


2. Banyak aplikasi yang CRASH di Windows 8

Se-pengalaman gue, BELOM ADA aplikasi yang gue instal di Windows 7 bisa Crash di Windows 8. Game online dan offline, utillities kayak Tune-up, CCcleaner, semua fine-fine aja kayak biasanya. Kecuali satu, buat program Adobe, hampir semua Adobe versi CS2-CS5 gue nggak ada yang bisa kompatibel di Windows 8, kecuali Photoshop (CS3 udah bisa). Dan akhirnya gue coba test pake Adobe Illustrator CS6 portable, dan bisa jalan.

3. Windows 8 bakalan lebih banyak makan RAM daripada Windows 7

WRONG ! Justru sebaliknya, Windows 8 beneran jauh lebih enteng daripada Windows 7. Kenapa? Karena Interface Aero Windows 7 terlalu banyak pake efek (Bubbles, glassy window, dll), sementara di Windows 8 interface nya sendiri dirombak total biar jadi lebih simpel.



CONCLUSION

Gue sendiri minjem CD bajakan Windows 8 punya temen gue, dan udah termasuk sama activatornya juga. Waktu total gue instal ulang terbilang cepet, cuma sekitaran 40 menit.

Karena versi Windows 8 yang sekarang ini masih beta, otomatis sehabis install ulang pasti banyak fitur-fitur yang ke locked. Biasanya yang di locked adalah fitur Personalize dan Windows Store yang kurang komplit. Nah, buat solusinya ya Activator tadi, kalian bisa cari sendiri di Google, udah banyak.

Gue pake dua activator yang beda versi, dua-duanya gue cari manual di google. Karena activator pertama cuma sukses buat daftar lisensi windowsnya, dan activator kedua buat buka sisa-sisa fitur yang masih di locked yang ga bisa dibuka activator pertama.

Galau mau ganti Windows 8 apa bertahan di Windows 7?

Intinya, kalo kalian adalah termasuk manusia yang ngutamain kecepatan kinerja, akses aplikasi yang cepet gak berbelit-belit tanpa harus mikirin soal display interface, capek sama bermacem-macem bug yang nempel dan seringkali bikin lelet di windows 7, plus seneng sama kerja PC yang ringan bin enteng, CHOOSE WINDOWS 8 .

Tapi, kalo kalian adalah tipe manusia yang mendewakan display yang ciamik, efek-efek screen yang keren, masih betah di kinerja OS yang standar aja dan masih belom begitu niat install ulang, HOLD THE WINDOWS 7.

***

So, udah siap buat nyoba Windows 8 ? Trus, persiapan nya apa aja?

1. Punya CD Windows 8, bajakan masih oke kok, beli ori lebih bagus.

2. Siapin beberapa versi Activator yang berbeda, bisa di download dan di browse dulu lewat google.  

3. Jangan lupa ngeberesin file-file kalian yang berantakan di partisi C sebelom install ulang, karena nanti pasti bakalan ilang ke-format. 

4. Pastikan juga kalian udah punya master-master program dari aplikasi yang sering dan akan kalian pake di Windows 8 nanti.

5. Kalo kalian pake yang versi bajakan ato gak genuine, JANGAN SEKALI KALI DI UPDATE windowsnya. Karena kalo kalian update dari versi yang bajakan, windows bakalan minta serial number dari CD/ versi yang kalian pake itu, dan itu bakalan berlangsung terus-menerus. Karena pada dasarnya, satu CD Windows Genuine cuma punya satu serial number, tanpa activator.  Lagian, update itu cuma buat ngelengkapin fitur-fitur aja kok, not really necessary.

6. Terakhir, siapin kopi dan cemilan , sambil nunggu PC mu di Install Ulang :)

***


Sayangnya, pada dasarnya Windows 8 emang di optimalkan buat layar touchscreen dan Laptop model Hybrid. Jadi ketika di-install di PC/laptop biasa, ya mau nggak mau harus setia dulu dengan metode click-to-click.

Tapi buat gue layar yang bisa di geser-geser gak begitu penting deh ketimbang kinerja nya sendiri. Dan lagi, I'm a fast user, so sampe saat ini, gue rasa ganti Windows 8 bukan pilihan yang salah :)

0 Reactions:

Post a Comment